Detail Berita


PT TIMAH Garap Smelter Berteknologi Ausmelt


"Penambangan di PT Timah Tbk"
Sumber gambar: timah.com


Tanggal terbit: 27-01-2020

duniatambang.co.id - Sejumlah emiten yang bergerak di sektor pertambangan mineral gencar melakukan pembangunan proyek smelter sejalan dengan komitmen mewujudkan hilirisasi pada komoditas tambang. Hal ini juga akan dilakukan oleh PT Timah Tbk (TINS) yang merupakan salah satu emiten pelat merah kenamaan dalam bisnis tambang pada komoditas timah. Untuk menambah nilai produk timah, TINS akan menggarap smelter ore timah kadar rendah yang digadang-gadang akan menggunakan teknologi EPCC TSL Furnace Ausmelt 40.000 crude tin.

Smelter ore timah tersebut akan dibangun di Muntok Bangka Barat. Smelter ini nantinya akan memiliki kapasitas produksi sebesar 40.000 ton. Teknologi ausmelt australia autotech dipilih oleh TINS mengingat cadangan timah di Indonesia yang kian menipis. Dengan teknologi ini TINS dapat mengolah timah dari deposit ore timah batuan inti (primary rock) yang memiliki kadar rendah. TINS berharap dengan adanya smelter ini dapat menambah nilai keekonomisan produk menjadi lebih baik.

Proyek smelter milik TINS ini juga merupakan proyek strategis bagi MIND ID. Dalam penggarapan smelter ini TINS menggandeng emiten pelat merah lainnya yang bergerak dibidang konstruksi yaitu PT Wijaya Karya Tbk (WIKA). Keduanya akan bersinergi dalam menyelesaikan proyek ini. TINS dan WIKA baru saja menyelesaikan kick off meeting membahas pengerjaan proyek EPCC TSL Furnace Ausmelt 40.000 crude tin. Rencananya proyek ini akan mulai digarap dalam waktu dekat yaitu pada 30 Januari 2020 mendatang akan memasuki tahap groundbreaking.

Namun, saat ini belum dapat diketahui besaran investasi yang dibutuhkan untuk menggarap proyek ini. TINS memproyeksikan proyek ini dapat rampung pada 2021 mendatang. TINS berharap proyek ini akan berjalan sesuai dengan rencana.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !