Detail Berita


Gawat Wabah Pneumonia Wuhan dari China Bisa Serang Pekerja Tambang


"Waspada virus pneumonia wuhan"
Sumber gambar: sains.kompas.com


Tanggal terbit: 24-01-2020

duniatambang.co.id – Mewabahnya virus baru yang datang dari negeri tirai bambu membuat masyarakat resah. Seperti yang diketahui, Pneumoconiosis adalah penyakit rentan para pekerja tambang yang terjadi akibat adanya penumpukan debu di dalam paru-paru sehingga menyebabkan batuk dan sesak napas.

Gejala penyakit rentan pekerja tambang ini hampir mirip dengan virus yang berasal dari China yaitu pneumonia wuhan. Gejala wabah pneumonia wuhan ditandai dengan ciri-ciri sesak secara tiba-tiba. Penyakit ini teridentifikasi apabila penderita pernah mendatangi tempat munculnya virus tersebut yaitu di Wuhan.

Namun, baru-baru ini Komisi Kesehatan Nasional China mengkonfirmasi, virus baru dari China ini adalah penyakit menular. Terbukti penyakit ini ditularkan dari manusia ke manusia dan telah menginfeksi beberapa staf medis di China.

Penyakit menular ini membuat potensi menular ke pekerja tambang yang bisa saja berkontak dengan orang-orang yang sudah terkena infeksi virus ini. Kemenkes memasukkan wabah ini sebagai penyakit dengan kewaspadaan tinggi. Dirjen P2P Kemenkes menegaskan kalua vaksinasi pneumonia biasa tidak bisa mencegah pneumonia wuhan.

Pada tanggal 31 Desember 2019, Komisi Kesehatan Kota Wuhan melaporkan ada sekelompok 27 kasus pneumonia etiologi yang tidak diketahui, termasuk tujuh kasus parah, dengan tautan yang dilaporkan Bersama Pasar Grosir Makanan Laut Huanan Wuhan.

Kasus-kasus disajikan dengan fitur klinis yang umum untuk beberapa penyakit pernapasan seperti Infeksi demam, dyspnoea, dan infiltrat paru bilateral pada foto thoraks. Pihak berwenang menempatkan semua kasus di bawah isolasi, memprakarsai kegiatan pelacakan kontak dan aktivitas kebersihan dan sanitasi lingkungan diterapkan di pasar, yang ditutup untuk umum pada tanggal 1 Januari 2020.

Gejala pneumonia akibat virus ini ditandai dengan demam dan kesulitan bernafas, yang mirip dengan banyak penyakit pernapasan lainnya, serta menimbulkan komplikasi.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Wasis

 

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !