Detail Berita


Catatan Performa Kerja MIND ID


"dump truck work at site"
Sumber gambar: shutterstock.com


Tanggal terbit: 23-01-2020

duniatambang.co.id - MIND ID merupakan holding perusahaan BUMN Pertambangan yang saat ini berada di bawah kepemimpinan Orias Petrus Moedak. MIND ID saat ini memang sedang menggarap sejumlah bisnis strategis di bidang pertambangan seperti peningkatan sektor hulu dan hilir pertambangan yang meliputi divestasi saham beberapa perusahaan tambang raksasa seperti Freeport dan Vale, serta sejumlah proyek pengembangan hilirisasi tambang mulai dari gasifikasi hingga smelter yang hingga saat ini tengah digarap.

Hingga kuartal III 2019 lalu, MIND ID mencatatkan kenaikan hutang gabungan yang secara persentase sebesar 378% atau senilai dengan Rp 78,3 triliun. Hutang gabungan tersebut berasal dari sejumlah anak usaha MIND ID yang terdiri dari PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), dan PT Timah Tbk (TINS). MIND ID mengkonfirmasi jika kenaikan hutang tersebut sebagian besar disumbang oleh pinjaman sebesar US$ 4 miliar untuk akuisisi saham Freeport.

Untuk pendapatan sendiri, hingga kuartal III 2019 MIND ID mencatatkan kenaikan sebesar 25% atau Rp 60,5 triliun. Selain pendapatan MIND juga mencatatkan pertambahan asset sebesar 62% atau sebesar Rp 170,6 triliun hingga akhir September 2019.  Namun, hingga kuartal III 2019 lalu, MIND harus mencatatkan penuruan laba bersih yang secara persentase merosot sebesar 85% atau sebesar Rp 800 miliar.

MIND ID berharap pada tahun 2020 ini dapat membukukan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan kinerja tahun lalu. Selain itu, pada tahun ini seperti yang diberitakan sebelumnya MIND ID juga akan fokus menyelesaikan sejumlah proyek strategis bersama anak usahanya. MIND ID akan menunjukkan komitmennya untuk dapat membuat industri tambang Indonesia dapat mendunia.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !