Detail Berita


Wah ADARO Garap EBT Untuk Kebutuhan Internal


"Ilustrasi Gedung PT Adaro Energy"
Sumber gambar: wartaekonomi.co.id


Tanggal terbit: 21-01-2020

duniatambang.co.id - PT Adaro Energy Tbk (ADARO) merupakan salah satu emiten kenamaan yang memiliki sejumlah sektor bisnis terintegrasi satu sama lain. Salah satu bisnis yang sekarang sedang dilirik ADARO adalah bisnis pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT). Bisnis pengembangan EBT tersebut memang belum digunakan untuk kebutuhan komersil melainkan baru digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik internal bagi ADARO.

Pada Februari 2020 mendatang, ADARO direncanakan akan menyampaikan sejumlah rencana bisnisnya termasuk perihal pengembangan EBT pada QAR 4Q19. Dalam pengembangan EBT, ADARO cukup aktif mengikuti sejumlah lelang proyek EBT yang diadakan oleh PLN. Dalam mengembangkan proyek EBT, ADARO menyesuaikan potensi energi baru terbarukan yang terdapat di wilayah kerjanya. ADARO membuka sejumlah opsi berbagai pembangkit EBT seperti PLTS, PLT Mini-Hydro, PLT Biomassa, PLTSa, PLTB, PLTP, dan PLTBg.

Saat ini, terdapat sejumlah proyek EBT yang sedang digarap ADARO yaitu PLTS di Kelanis yang merupakan wilayah operasional ADARO dengan kapasitas 100 kWp. Bahkan ADARO juga tengah mengkaji PLTS Terapung untuk menambah kapasitas hingga dapat mencapai 0.5 MWp.

Selain PLTS, ADARO juga sedang mengembangkan pembangkit mini-hydro di Kalimantan Tengah dengan kapasitas antara 2 MW-4 MW yang saat ini sudah memasuki tahap uji kelayakan. Serta proyek pengembangan pembangkit hybrid/micro-grid di Sulawesi Tengah dengan kapasitas antara 4 MW-6 MW. 

ADARO juga melirik daerah Papua dalam pengembangan EBT tersebut. ADARO gencar melakukan eksplorasi pengembangan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) dan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang kapasitasnya digadang-gadang sebesar kurang dari 100 kilo Watt peak (kWp).

ADARO berharap proyek pengembangan EBT ini berjalan dengan lancar dan dapat terus tumbuh. Bukan tidak mungkin jika dikemudian hari nanti listrik dari EBT ini menjangkau pasar komersil tidak hanya untuk keperluan internal ADARO.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !