Detail Berita


Smelter Tembaga Milik PTFI Masuk Tahap Konstruksi Pada Kuartal II 2020


"Ilustrasi PT Freeport Indonesia"
Sumber gambar: m.industry.co.id


Tanggal terbit: 20-01-2020

duniatambang.co.id - PT Freeport Indonesia (PTFI) tengah menggarap proyek smelter untuk konsentrat tembaga yang berlokasi di Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur. Smelter tersebut memiliki kapasitas produksi sebesar 2 juta ton ini. Smelter tersebut dijadwalkan dapat beroperasi pada 2023 mendatang.

Dalam pembangunan proyek smelter ini PTFI harus merogoh kocek cukup dalam yaitu sebesar US$ 3 miliar. Pendanaan tersebut diperkirakan akan diambil dari kas internal. Namun, PTFI ke depannya masih membuka opsi untuk adanya suntikan dana eksternal, misalnya dana yang berasal dari perbankan.

Saat ini, PTFI sedang menggenjot penyelesaian proyek smelter tersebut agar dapat rampung sesuai target yang dipatok. Smelter tersebut sudah menyelesaikan tahap pematangan lahan, hingga Juli 2019 smelter tembaga PTFI memiliki progress dengan persentase sebesar 3,21%.

Pada kuartal II 2020 mendatang, smelter ini akan memasuki tahap konstruksi. Untuk keperluan tahap pengerjaan dan konstruksi, PTFI sudah menyiapkan dana sebesar US$ 2,8 miliar. PTFI berharap dalam proses pengerjaan dan konstruksi nantinya diharapkan dapat berjalan sesuai dengan rencana dan target penyelesaian smelter dapat tercapai.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !