Detail Berita


Menelisik Negosiasi MIND ID VS Vale


"Ilustrasi PT Vale Indonesia"
Sumber gambar: vale.com


Tanggal terbit: 17-01-2020

duniatambang.co.id - MIND ID memang telah resmi mengakuisisi 20% saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO). Hal tersebut sesuai dengan isi perjanjian pendahuluan yang sudah ditandatangani keduanya pada 11 Oktober 2019 silam. Untuk keperluan divestasi saham tersebut, MIND ID digadang-gadang merogoh kocek sebesar USD 500 juta, atau setara Rp 7 triliun (dengan asumsi kurs dollar yaitu Rp. 14.000).

Saat ini, MIND ID dan INCO masih memasuki tahap negosiasi terkait sejumlah perjanjian definitif yang meliputi Conditional Share Purchase Agreement (CSPA), Shareholder Agreement dan Offtaker Agreement. 

Negosiasi antara MIND ID dan induk usaha INCO ini terkait sejumlah poin. Namun, keduanya belum dapat membeberkan poin apa saja yang menjadi pokok pembahasan. Hingga kini memang belum tercapai kesepakatan antar keduanya sehingga penandatanganan perjanjian definitif yang semula dijadwalkan akan berlangsung pada 20 Desember 2019 lalu ternyata harus diundur.

Penandatanganan sejumlah perjanjian definitif tersebut dijadwalkan kembali dapat selesai pada triwulan pertama 2020. INCO pun memastikan bahwa semua proses akan berjalan sesuai jadwal yang sudah direncanakan. Pembahasan mengenai perjanjian definitif tersebut melibatkan pemegang saham INCO yang terdiri dari Vale Canada Limited (VCL) dan Sumitomo Metal Mining Co., Ltd. (SMM), bersama dengan MIND ID.

Baik MIND ID maupun INCO sepakat keduanya akan merilis keterangan resmi jika sudah tercapai kata sepakat. Baik MIND ID maupun pihak INCO pun berharap dapat segera menyelesaikan sejumlah perjanjian definitif tersebut.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !