Detail Berita


BUMI: Rampungkan Uji Kelayakan Proyek Gasifikasi Tahun Ini


"Aktivitas Tambang Batubara"
Sumber gambar: portonews.com


Tanggal terbit: 16-01-2020

duniatambang.co.id - PT Bumi Resources Tbk (BUMI) tengah gencar mempersiapkan program hilirisasi pada komoditas batubara dengan membangun proyek gasifikasi di Kalimantan. Proyek gasifikasi milik BUMI ini sedang dalam tahap uji kelayakan atau dikenal juga dengan sebutan Feasibilities Study (FS).

BUMI menargetkan tahap uji kelayakan ini dapat rampung pada tahun ini. Ketika uji kelayakan ini sudah dirampungkan, BUMI selanjutnya akan melakukan koordinasi internal dan mitra kerjanya untuk menentukan langkah selanjutnya dalam pengembangan proyek gasifikasi ini.

BUMI sempat menyebutkan besaran investasi yang dibutuhkan dalam pengembangan proyek ini berkisar US$ 1,6 miliar atau sekitar Rp 22,4 triliun (asumsi kurs Rp 14.000/US$). Nilai investasi tersebut memang bukan angka yang kecil sehingga pertimbangan teknis dan ekonomis menjadi fokus BUMI. Nantinya jika proyek gasifikasi ini resmi digarap, produknya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan domestik dan ekspor.

BUMI berharap tahap uji kelayakan ini dapat berjalan dengan lancar dan membuahkan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Proyek gasifikasi ini juga merupakan komitmen BUMI dalam mendukung program hilirisasi dari pemerintah.

Semakin giatnya emiten melakukan kegiatan gasifikasi, pemerintah pun sedang mengkaji pemberian insentif untuk proyek gasifikasi terutama produk dimethylether (DME). Pemberian insentif ini bertujuan untuk menambah daya tarik dalam iklim investasi proyek gasifikasi. Sejauh ini, ESDM memang baru mengkaji bentuk royalti yang akan diberikan. Sedangkan untuk skema implementasi dan regulasi terkait insentif ini akan dibahas mendetail lebih lanjut nantinya.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !