Detail Berita


Cita-cita ESDM Sulap Bekas Tambang Jadi Ladang EBT


"Lubang bekas tambang"
Sumber gambar: merdeka.com


Tanggal terbit: 15-01-2020

duniatambang.co.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memang sedang menyiapkan berbagai strategi dalam mewujudkan pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT). Kementerian ESDM di bawah kepemimpinan Arifin Tasrif berencana memanfaatkan lahan bekas tambang menjadi ladang EBT. Bahkan ESDM mengatakan rencana tersebut akan menjadi prioritas bagi ESDM ke depannya.

Bentuk Energi Baru Terbarukan (EBT) yang dibidik untuk dikembangkan di lahan bekas tambang antara lain Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) serta penanaman kembali lahan bekas tambang dengan tumbuhan penghasil energi seperti kelapa sawit ataupun tumbuhan lainnya dengan tujuan agar dapat menghasilkan energi yang berkelanjutan.

Baca juga: Wah Ada Angin Segar Untuk EBT

Nampaknya rencana ini bukan isapan jempol belaka, ESDM berharap dapat merealisasikan rencana tersebut pada tahun ini. Namun untuk skema implementasi dan peraturan detailnya belum dapat diketahui. Direktur Teknik dan Lingkungan Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM mengatakan bahwa skema implementasi dan regulasinya sedang dalam tahap pembahasan dan penyusunan. Kebijakan ini juga merupakan salah satu langkah yang diambil pemerintah untuk mencapai target 23% bauran energi 2025.

Lubang bekas tambang yang tidak direklamasi menimbulkan efek negatif terhadap lingkungan sekitar tambang. Untuk itu, lubang bekas tambang yang direncanakan menjadi ladang EBT merupakan pilihan yang tepat sebagai salah satu kegiatan pascatambang yang berkelanjutan.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !