Detail Berita


Bakti Sosial PT Gag Nikel Bantu Korban Banjir dan Longsor


"Penyaluran bantuan kepada korban banjir dan longsor oleh PT Gag Nikel"
Sumber gambar: Dokumen Dunia Tambang/OPR


Tanggal terbit: 15-01-2020

Jakarta, duniatambang.co.id - Bencana banjir yg melanda sebagian kawasan Jabodetabek pada awal tahun 2020 mengakibatkan warga sepanjang bantaran sungai Ciliwung yang berada di RT 05 RW 03 Kelurahan Tanjung Barat, Kecamatan Jagakarsa terlanda banjir yg cukup parah. Sekitar 300 keluarga terdampak banjir diwilayah ini harap cemas dengan kondisi cuaca saat ini. Selain banjir tanah longsor juga terjadi di wilayah desa Sukajaya Pasir Madang Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor.

Untuk meringankan beban warga yg terdampak banjir dan tanah longsor tersebut maka PT Gag Nikel berinisiatif untuk melakukan kegiatan bakti sosial berupa pelayanan kesehatan gratis serta bantuan 1000 paket sembako kepada warga RT 05 RW 03 Tanjung Barat Pasar Minggu Jakarta Selatan dan warga Desa Sukajaya Pasir Madang Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor dan sekitarnya.

Bakti Sosial yang bertajuk "Dari Papua Untuk Jakarta dan Bogor" ini di buka oleh Arya Aditya Kurnia sebagai Plt Presiden Direktur PT GAG Nikel. Kegiatan ini juga di hadiri Pejabat Kelurahan Tanjung Barat H. Mohammad Toha, Ketua RW 05 Azhari M.Si, serta Asep K sebagai Ketua RT 03.

Bantuan yang diberikan oleh PT GAG Nikel berupa layanan kesehatan kepada kurang lebih 300 Kartu Keluarga (KK), pemberian 1000 paket sembako, serta bingkisan untuk para korban banjir dan longsor.

Pelayanan kesehatan dari tim medis untuk korban banjir Tanjung Barat
Penyerahan Bantuan kepada korban banjir Tanjung Barat
Pemberian Paket Sembako dari PT GAG Nikel

“Selain sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap warga yang terkena dampak banjir, kegiatan ini seirama dengan program PPM (Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat)” tahun 2020, ungkap Arya Arditya Kurnia Direktur PT GAG Nikel.

Program PPM sendiri merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengejawantahkan konsep corporate social responsibility (CSR) di bidang pertambangan, dengan tujuan untuk mendorong perekonomian, pendidikan, sosial budaya, kesehatan, dan lingkungan kehidupan masyarakat sekitar tambang, baik secara individual maupun secara kolektif. Kegiatan bertujuan untuk meningkatan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat di sekitar tambang.

Arya menambahkan, dana yang dianggarkan untuk membantu korban banjir ini mencapai 170 juta rupiah. Pihaknya mengatakan, PT GAG Nikel selain memberikan bantuan juga memberikan edukasi kepada masyarakat yang terkena banjir.

Warga menyambut dengan antusias adanya kegiatan ini. Sebelumnya, warga yang terkena banjir mengungsi di pinggir jalan yang lebih tinggi dengan memasang terpal. Bahkan ada yang mengungsi di jalan setapak, pinggir jalan tol, hinga di bawah kolong jembatan.

Peninjauan Tempat Pengungsian Korban Banjir oleh tim PT Gag Nikel

“Ketika terkena banjir, kami sangat sedih. Kami sangat senang terhadap bantuan yang diberikan oleh PT Gag Nikel dan kami merasa sangat terbantu”, tutur Anisa salah satu penerima bantuan dari PT Gag Nikel.

Hal serupa juga disampaikan oleh Toha yang mewakili Lurah Tanjung Barat.

“Pihak kelurahan berterima kasih dengan kegiatan CSR yang dilakukan oleh PT Gag Nikel. Dengan adanya kegiatan ini sangat membantu warga setempat”, pungkas Toha.

Sebagai bentuk antisipasi, pihak kelurahan akan menghimbau jika debit air Ciliwung mulai naik, dan mulai mengingatkan warga untuk mempersiakan barang-barang penting jiak terjadi potensi banjir lagi.

Hal senada juga dituturkan oleh Asep Kurniawan Ketua RT 05 RW 03.

“kegiatan yang dilakukan oleh PT GAG Nikel ini merupakan suatu kegiatan yang positif untuk membantu warga yang terkena musibah”, Tutup Asep.

Tak hanya membantu korban yang terkena banjir di tanjung barat, PT GAG Nikel juga menyalurkan bantuan untuk warga yang terkena longsor di Bogor.

Penyerahan paket sembako kepada korban longsor di Bogor
Peninjauan lokasi longsor oleh PT GAG Nikel

Kegiatan penyaluran bantuan dari PT GAG Nikel untuk korban banjir dan longsor ini sebagai salah satu bentuk tanggung jawab perusahaan untuk peduli terhadap masyarakat yang berada di sekitar area kerja perusahaan.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Umar RP.

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !