Detail Berita


Teken MoU, PLN VS Masdar Bangun PLTS Terbesar di ASEAN


"Ilustrasi Uni Emirat Arab"
Sumber gambar: market.bisnis.com


Tanggal terbit: 13-01-2020

duniatambang.co.id - Beberapa waktu lalu, Indonesia resmi mendapatkan investasi dari Uni Emirat Arab untuk sejumlah proyek energi sebesar triliunan rupiah. Salah satu proyek yang akan digarap adalah pengembangan energi baru terbarukan.

Sebagai tindak lanjut dari investasi tersebut, PT PLN dan anak usahanya PT Pembangkit Jawa Bali Indonesia resmi menandatangani kesepakatan kerjasama atau MoU dengan salah satu perusahaan dari Abu Dhabi, Uni Emirat Arab yaitu Masdar. MoU tersebut mengenai proyek kerjasama pembangunan PLTS Terapung di Waduk Cirata, Jawa Barat.

PLN gandeng Masdar bukan tak beralasan, Masdar merupakan salah satu perusahaan Energi Baru Terbarukan (EBT) Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Keduanya akan membangun proyek PLTS Terapung di Waduk Cirata, Jawa Barat yang digadang-gadang akan menjadi PLTS terbesar di ASEAN. Besaran investasi untuk proyek ini yaitu sekitar Rp 1,8 triliun.

Penandatanganan kesepakatan kerjasama atau MoU ini dilakukan oleh Chief Executive Officer (CEO) Masdar Mohamad Jameel Al Ramahi, Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini, dan Direktur Utama Pembangkit Jawa Bali Indonesia (PJBI) Gunawan Budi Haryanto. Setelah proses ini selesai, keduanya akan menyiapkan segala kebutuhan untuk memperlancar pengembangan proyek kerjasama ini agar dapat terealisasi sesuai dengan yang diharapkan.

Adanya MoU terkait PLTS ini menjadi secercah harapan bagi Indonesia dalam mengembangkan EBT, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengatakan bahwa pemerintah akan mempercepat perizinan investasi kedepannya, terutama yang berhubungan dengan EBT. Hal ini dimaksudkan untuk menumbuhkan iklim investasi dan mendukung tercapainya target 23% bauran energi 2025 mendatang.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !