Detail Berita


Bukit Asam (PTBA) Raih PROPER EMAS 7 Kali Berturut-Turut dari KLHK


"Penyerahan Penghargaan PROPER oleh Wakil Presiden RI kepada PT. Bukit Asam"
Sumber gambar: ptba.co.id


Tanggal terbit: 10-01-2020

Duniatambang.co.id, Jakarta - PT. Bukit Asam (PTBA), berhasil meraih penghargaan PROPER (Program Penilaian Kinerja Perusahaan) Nasional Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk area Unit Penambangan Tanjung Enim. PTBA juga patut berbangga, selain unit Penambangan yang mendapat PROPER Emas, Unit Pengelolaan Pelabuhan Tarahan (Peltar) juga mendapatkan penghargaan PROPER Nasional peringkat hijau.

PTBA berhasil mempertahankan PROPER peringkat emas selama tujuh tahun sejak tahun 2013 untuk Unit Penambangan Tanjung Enim. Sedangkan untuk Unit Pengelolaan Pelabuhan Tarahan PTBA memperoleh peringkat hijau sejak tahun 2018.

Penghargaan PROPER Nasional ini diserahkan oleh Wakil Presiden, KH. Ma’ruf Amin dan didampingi oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya. Penghargaan PROPER Emas diserahkan kepada Direktur PTBA, Arviyan Arifin di Istana Wakil Presiden.

Dengan diraihnya PROPER Emas, PTBA berkomitmen untuk melakukan pengelolaan lingkungan dalam setiap operasionalnya. Selain itu, perusahaan juga melakukan pemberdayaan bagi masyarakat dan lingkungan sebagai nilai tambah secara berkelanjutan dan konsisten.

Untuk dapat meraih Peringkat emas di Unit Penambangan Tanjung Enim, Perusahaan melakukan program Eco-edu zoo park (kebun binatang mini) dan Kampung Batik Ujur Ramah Lingkungan. Melalui program Eco-edu zoo park, perusahaan menyulap lahan bekas tambang menjadi kebun binatang mini dan dibuat jogging track untuk masyarakat. Perusahaan bermaksud menjaga keseimbangan flora dan fauna yang ada di sekitar area operasional pertambangan. PTBA juga melakukan Program Kampung Batik Kujur Ramah Lingkungan. Melalui program Kampung Batik ini, PTBA melestarikan budaya dan kearifan lokal. Motif batik yang berasal dari warisan kearifan lokal di lukis di atas bahan alami. Pewarnaan yang digunakan juga menggunakan bahan alami, seperti mengkudu, jengkol dan secang.

Sedangkan untuk Unit Pengelolaan Pelabuhan Tarahan (Peltar), Program unggulan PTBA adalah melalu Kapal Pendidikan untuk Pulau Tegal. Melalui Program Kapal Pendidikan ini, memudahkan para guru untuk berangkat dan pulang mengajar Lembaga pendidikan PKBM Pesona di Pulau Tegal.

Keberhasilan PTBA meraih PROPER Nasional Peringkat emas untuk Penambangan di Tanjung Enim, ditambah PROPER Hijau untuk Pengelolaan Pelabuhan Tarahan, menunjukkan komitmen perusahaan dalam menjaga harmoni dan kelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat sekitar. Pemberian penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup, tentunya semakin memotivasi perusahaan dalam pengelolaan operasional ramah lingkungan dan senantiasa berkontribusi positif bagi masyarakat sekitar penambangan.

Penulis : Suwanjaya
Editor : Hazred Umar Fathan
Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !