Detail Berita


ESDM Akan Kontrol Produksi Batubara Tahun 2020


"Produksi Batubara"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 10-01-2020

duniatambang.co.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) beberapa waktu lalu telah resmi menetapkan target produksi batubara nasional tahun 2020 sebesar 550 juta ton. Target tersebut naik dibandingkan dengan target produksi nasional tahun lalu yang sebesar 489 juta ton.

Pada tahun ini ESDM juga ikut menaikkan target kuota wajib pasok batubara dalam negeri atau Domestic Market Obligation (DMO) menjadi 155 juta ton. ESDM akan mempertegas sanksi bagi pengusaha batubara yang tidak memenuhi kewajiban DMO. DMO dan produksi batubara nasional akan jadi salah satu fokus kontrol ESDM.

ESDM menetapkan target produksi batubara nasional tahun ini dengan mempertimbangkan realisasi produksi batubara pada tahun 2019 lalu yang mencapai 610 juta ton. Realisasi batubara tahun 2019 lalu memang cukup jauh meroket dari target yang ditetapkan.

Tahun ini, Menteri ESDM Arifin Tasrif akan memperketat pengawasan terhadap produksi batubara agar produksinya tidak melejit jauh lampaui target produksi batubara nasional. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa jika produksi batubara berlebih maka dapat mengakibatkan pelemahan harga batubara di pasaran.

Hal ini juga pada akhirnya akan mempengaruhi pendapatan Negara. Oleh sebab itu, ESDM akan berkomitemn untuk kian giat mengontrol produksi batubara nasional dan realisasi alokasi DMO pada tahun ini.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Mayang Sari

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !