Detail Berita


Uni Emirat Arab Investasi Triliunan Rupiah di Sektor Energi RI


"Ilustrasi Uni Emirat Arab"
Sumber gambar: popbela.com


Tanggal terbit: 09-01-2020

duniatambang.co.id - Uni Emirat Arab (UEA) baru-baru ini beinvestasi triliunan rupiah pada sektor energi di Indonesia. Investasi tersebut bernilai sekitar US$ 3,9 miliar atau mendekati US$ 4 miliar. Investasi tersebut dilakukan untuk empat proyek energi meliputi Kilang Balikpapan dan Balongan, peningkatan kapasitas pabrik INALUM, serta pembangunan PLTS Cirata.

Investasi tersebut merupakan proyek kerjasama Indonesia dengan sejumlah perusahaan nasional Uni Emirat Arab. Untuk proyek kilang minyak di balongan bekerjasama dengan Abu Dhabi National Oil Company (ADNOC). Kilang minyak di Balikpapan bekerjasama dengan Mubadala. Peningkatan kapasitas pabrik INALUM bekerjasama dengan Emirates Global Aluminium (EGA) dan terakhir untuk proyek pembangunan PLTS Cirata bekerjasama dengan Masdar.

Menteri Koordiantor Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa empat proyek yang akan digarap tersebut merupakan tahap awal dari total rencana proyek sebanyak 14 proyek dengan total investasi yang diperkirakan mencapai US$ 18,8 miliar. Luhut mengatakan bahwa kedepannya masih terbuka peluang besar untuk adanya investasi dari berbagai Negara lainnya.

Rencana kerjasama dengan nilai investasi yang cukup besar ini merupakan kerjasama strategis dibidang pengembangan sektor energi. Untuk itu, keduanya berharap sejumlah proyek yang sudah direncanakan tersebut dapat berjalan sebagaimana mestinya dan memberikan dampak positif bagi masing-masing pihak.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Hazred Umar Fathan

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !