Detail Berita


Hari Ini Harga Emas Termahal Seumur Hidup


"gold ingot"
Sumber gambar: money.kompas.com


Tanggal terbit: 08-01-2020

duniatambang.co.id – Banyak yang berbondong-bondong berburu emas di tengah panasnya konflik di berbagai belahann dunia saat ini. Harga emas batangan PT Aneka Tambang Tbk (Antam) menyentuh angka Rp 799.000/gram. Harga ini mengalami kenaikan Rp 15.000 dari posisi sebelumnya.

Harga emas Antam hari ini tercatat sebagai harga yang paling mahal sepanjang masa. Harga emas terpantau naik terus sejak akhir Desember tahun lalu. Harga emas pada 26 Desember 2019 tercatat Rp 758.000/gram dan terus menanjak hingga hari ini.

Sementara harga buyback atau pembelian kembali emas Antam hari ini ikut menanjak Rp 14.000 ke harga Rp 714.000/gram.

Harga emas yang meningkat membuat saham-saham emiten produsen emas pun ikut berterbangan pada perdagangan hari ini. Pemicu naiknya emas dunia hari ini adalah serangan balik Iran ke fasilitas militer Amerika Serikat di Irak.

Merujuk dari data perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI), saham PT J Resources Asia Pasifik naik 3,25%/unit di angka Rp 318/unit. Sementara saham PT Aneka Tambang Tbk naik 2,86% ke level Rp 900/unit.

Konflik AS-Iran memicu melonjaknya harga emas yang tak terkendalikan. Pekan kemarin diwarnai dengan serangan AS ke Iran hingga menewaskan Jenderal Qassem Soleimani. Membalas serangan AS, Iran menyerbu pangkalan militer AS-Irak di Al Asad.

Adanya perang panas di antara kedua negara ini membuat prospek emas di tahun 2020 menjadi bullish atau kecenderungan harga untuk bergerak naik secara terus menerus dalam suatu periode tertentu.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor    : Wasis

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !