Detail Berita


Yuk Kepoin Perkembangan Smelter Timbal Pertama Indonesia


"smelter"
Sumber gambar: shutterstock.com


Tanggal terbit: 08-01-2020

duniatambang.co.id - Smelter timbal milik PT Kapuas Prima Coal Tbk (ZINC) yang berlokasi di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah nampaknya masih harus membutuhkan waktu untuk dapat dioperasikan. Smelter timbal yang semula dijadwalkan dapat memasuki tahap commissioning pada akhir tahun lalu harus mundur dari rencana awal. Smelter timbal tersebut dijadwalkan ulang untuk memasuki tahap commissioning pada bulan Maret 2020 mendatang.

Baca juga: Inalum Rencana Tingkatkan Produksi dan Bangun Smelter Baru

ZINC saat ini sedang mempersiapkan segala keperluan untuk tahap commissioning tersebut termasuk peralatan keselamatan. Jika rencana commissioning berjalan sesuai rencana, maka smelter timbal milik ZINC ini akan memasuk tahap uji produksi pada kuartal III 2020 mendatang.

Setelah proses uji produksi selesai dan tidak ada hambatan yang signifikan maka smelter timbal tersebut akan dilakukan proses maintenance sebelum dioperasikan secara penuh untuk keperluan komersial.

Guna memperlancar proses pembangunan proyek smelter timbal ini, hingga Desember 2019 lalu, ZINC sudah menggunakan dana capital expenditure (capex) sebesar US$ 10 juta. Smelter timbal milik ZINC ini jika sudah rampung 100% diproyeksikan memiliki kapasitas produksi sekitar 20.000 ton bullion per tahun. Smelter timbal ini akan dioptimalkan ZINC untuk menambah margin nilai jual pada produksi timbal miliknya.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !