Loading...
image

"Ilustrasi PT Inalum Tbk"
Sumber gambar: liputan6.com

Dunia Tambang / 7 January 2020 / 0 Komentar

Inalum MIND ID Aluminium 

Inalum Rencana Tingkatkan Produksi dan Bangun Smelter Baru

duniatambang.co.id – Salah satu anggota MIND ID, PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM) berencana untuk meningkatkan produksi untuk memenuhi kebutuhan aluminium dalam negeri. Di samping itu, Inalum juga tengah menjajaki potensi pembangunan smelter aluminium baru di Kalimantan Utara.

Orias Petruk Moedak, Dirut Mind ID mengatakan kini pihaknya sedang melakukan studi kelayakan di area pulau Borneo tersebut, tepatnya di area sungai Kayan dan Mentarang.

Adapun potensi fasilitas pembangkit listrik di kedua sungai tersebut mencapai 1.800 megawatt. Perseroan akan melihat bagaimana kebijakan pemerintah dan pengusaha yang akan memulai pembangunan awal di sana.

Dari hasil kajian, dengan keberadaan pembangkit listrik tenaga air tersebut potensi kapasitas smelter diketahui mencapai 500.000 ton per tahun yang diharapkan dapat mensubsitusi suplai aluminium dari impor.

Rencana peningkatan produksi aluminium dilakukan karena kemungkinan kebutuhan produk berbahan baku aluminium semakin pesat kedepannya. Saat ini, Inalum baru memiliki kapasitas produksi sebesar 250.000 ton per tahun aluminium dalam bentuk ingot, alloy, dan billet. Inalum berencana akan menambah kapasistas sebesar 30.000 ton per tahun. Inalum berencana akan memproduksi 50.000 ton per tahun dari bahan baku scrap.

Oggy Achmad Kosasih, Direktur Pelaksana Inalum, menjelaskan bahwa untuk memproduksi aluminium diperlukan listrik yang efisien. Kemudian, manajemen Inalum menyebutkan, bahwa aluminium merupakan produk metal yang mempunyai kemampuan untuk didaur ulang.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor    : Umar RP.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar