Detail Berita


350 Orang Tewas di ledakan Tambang Batubara Bawah Tanah Amerika Serikat


"Ilustrasi Kecelakaan Tambang Batubara Bawah Tanah"
Sumber gambar: 911Metallurgist.com


Tanggal terbit: 06-01-2020

duniatambang.co.id - Keselamatan dan kesehaan merupakan salah satu hal yang harus menjadi konsen dalam dunia pertambangan. Hal ini sering kali diabaikan oleh banyak perusahaan karena kurangnya kesadaran akan pentingnya K3 Pertambangan. Kecelakaan tambang sering kali terjadi karena berbagai factor salah satunya perilaku tidak aman dan kondisi tidak aman. Banyak kecelakaan pertambangan terjadi tidak hanya melibatkan satu atau dua orang bahkan ratusan orang.

Salah satu kejadian kecelakaan terbesar tambang yang pernah terjadi adalah kecelakaan tambang di Monongah, West Virginia Amerika Serikat di tahun 1907 yang mengakibatkan 350 penambang meninggal dunia.

Baca juga: Indonesia Raih Juara Ajang Kecelakaan Tambang MIREC 2019 di Malaysia

Kecelakaan di tambang milik west virginia coal merupakan kecelakaan tambang batubara bawah tanah terbesar yang pernah terjadi. Kejadian ini terjadi tepat pukul 10:00 pagi dimana terjadi ledakan di salah satu tunnel yang ada dan merambat ke seluruh bagian tambang. Ledakan ini mengakibatkan runtuhnya area masuk kedalam tunnel serta mengahancurkan ventilasi dari tunnel itu sendiri.

Hampir keseluruhan pekerja yang meninggal dikarenakan terkena runtuhan dari tambang dan sisa nya meninggal karena luka bakar serta terkena asap beracun. Spekulasi terjadinya bencana ini dikarenakan adanya gas methane yang terkaumulasi dan terjadilah ledakan keseluruhan tambang.

Bencana di Monongah ini meningkatkan kesadaran akan keselamatan ditambang. Setelah hal ini terjadi, Pemerintah Amerika Serikat sangat konsen dengan keselamatan pertambangan dan memperkeat regulasi terkait pertambangan. Dinas perambangan amerika serikat berperan besar dalam menurunkan tingkat kecelakaan pertambangan di Amerika Serikat.

Penulis : Ocky PR.
Editor     :  Umar RP.
Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !