Detail Berita


2020 ANTAM Akan Optimalkan Penjualan 3 Komoditas ini


"Ilustrasi PT Aneka Tambang Tbk"
Sumber gambar: tempo.co


Tanggal terbit: 06-01-2020

duniatambang.co.id - PT Aneka Tambang Tbk (Antam) merupakan salah satu emiten pelat merah yang bergerak dalam bisnis pertambangan mineral. Untuk mendukung kinerjanya, ANTAM pada tahun 2020 ini akan mengoptimalkan penjualan pada tiga komoditas andalannya yaitu emas, nikel dan bauksit.

Sebagai tambahaan informasi, pada tahun lalu kinerja ANTAM cukup cemerlang hingga kuartal III 2019 ANTAM tercatat dapat membukukan pertumbuhan pendapatan sebesar sebesar 13% (yoy) menjadi Rp 24,54 triliun.

Baca juga: Begini Kesiapan ANTAM Hadapi Hilirisasi

ANTAM memiliki Top 3 komoditas yang menjadi andalannya untuk menyokong kinerja perseroan. Emas memang masih menduduki peringkat pertama komoditas andalan ANTAM. Berkaca pada 2019 lalu, hingga kuartal III penjualan emas ANTAM naik 19% atau sebesar 858.810 ons troi emas.

Untuk memaksimalkan penjualan emas pada tahun ini ANTAM diproyeksikan mendapat tambahan produksi emas dari tambang emas di Ciarinem yang saat ini sedang memasuki tahap mine block test (MBT) atau pengujian kelayakan penambangan. Tidak hanya itu, ANTAM juga akan menggalakkan program edukasi kepada pelanggan tentang pentingnya investasi logam mulia emas sebagai asset safe haven.

Selain emas, Nikel juga merupakan komoditas andalan ANTAM. Pada kuartal III 2019 lalu penjualan nikel juga mengalami pertumbuhan yaitu sebesar 34% (yoy). Untuk memaksimalkan penjualan nikel pada tahun ini, ANTAM akan mengoptimalkan pengoperasian smelter feronikel di Pomala, Sulawesi Tenggara. Ditengah kebijakan pelarangan ekspor, ANTAM juga akan menggenjot penyelesaian proyek smelter feronikel di Halmahera Timur dan proyek pengembangan nickel pig iron (NPI).

Komoditas yang masuk Top 3 andalan ANTAM lainnya yaitu bauksit. Penjualan bauksit hingga kuartal III tahun lalu naik sebedar 68% (yoy). ANTAM pada tahun ini akan mengoptimalkan produksi chemical grade alumina dan untuk menyiapkan program hilirisasi pada komoditas bauksit, saat ini ANTAM tengah menggarap proyek smelter grade alumina refinery (SGAR) yang berlokasi di Tayan, Kalimantan Barat. ANTAM berharap dengan mengandalkan tiga komoditas ini, kinerja ANTAM pada tahun ini dapat mentereng.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !