Detail Berita


Pemerintah Telah Menetapkan Produksi Batubara 2020, Ini Pembagian Kuota yang Diberikan


"Ilustrasi Coal Getting to Dump Truck"
Sumber gambar: Dok. duniatambang.co.id


Tanggal terbit: 05-01-2020

Duniatambang.co.id – Jakarta, Pemerintah melalui Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral pada tanggal 31 Desember 2019 telah menetapkan angka produksi batubara yang akan dilakukan pada tahun 2020. Pemerintah berencana akan membagi kuota batubara berdasarkan kuota pusat dan kuota daerah, dimana total produksi keduanya adalah 550 juta ton.

Rencana kuota pusat akan dipatok sebesar 340 juta ton, sedangkan kuota daerah yaitu 210 juta ton. Kemudian, rencana Domestic Market Obligation (DMO) yang diterapkan pada tahun 2020 adalah 25% dari kebutuhan yang ada, sehingga ada 137,5 juta ton yang harus disuplai dalam kebutuhan dalam negeri.

Baca juga: Desas-Desus Penentuan Sanksi Kewajiban Pemenuhan DMO

Bambang Gatot Ariyono, Dirjen Minerba melalui surat edaran ke stakeholders tentang Kuota Produksi Batubara menambahkan penentuan produksi batubara di tahun 2020, merujuk dari tingkat produksi yang berlangsung pada tahun 2019. Selain itu informasi yang digunakan mengacu dari persetujuan Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) 2020 yang disusun oleh masing-masing emiten batubara.

Kapasitas produksi batubara dan keekonomian batubara harus mengacu dengan dokumen studi kelayakan dan AMDAL yang telah dibuat oleh masing-masing emiten, dan perlu adanya memaksimalkan produksi batubara untuk tidak menyebabkan over supply. Dengan demikian, itu bisa menjamin kestabilan harga batubara.

Selain itu Bambang menambahkan akan terjadi evaluasi pada triwulan 1 untuk melihat progres dari produksi batubara yang dihasilkan, dan kemungkinan akan dipertimbangkan untuk dilakukan perubahan kedepannya.

Penulis: Hazred Umar Fathan
Editor : Umar Rivaldy Pulukadang
Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !