Detail Berita


Awal Tahun Harga Batubara Global Naik 1%, Masih Ada Harapan?


"Coal Stockpile"
Sumber gambar: shutterstock.com


Tanggal terbit: 03-01-2020

duniatambang.co.id – Harga batubara pada tahun 2019 cukup tertekan yang membuat sejumlah emiten harus menyusun strategi untuk menjaga performa perusahaan. Awal tahun 2020 harga batubara global dibuka dengan kabar segar yaitu menguat 1,23% ke level US$ 69,9/ton.

Sebelumnya, harga batubara ICE Newcastle sejak September 2019 hingga awal tahun 2020 berkisar antara US$ 66 hingga US$ 72 per ton. Meski awal tahun memberikan kabar baik, namun harga batubara belum dapat dipastikan akan menguat sepanjang tahun 2020.

Harga batubara yang tertekan sepanjang tahun 2019 tak lepas dari pengaruh perang dagang AS-China hingga membuat ekonomi dunia melemah. Konflik dua negara ini turut mempengaruhi harga batubara di Indonesia (HBA).

Baca juga: Tidak Ikuti DMO Batubara, Perusahaan Bakal Kena Denda

Harga Batubara Acuan yang melemah sebagai imbas dari kebijakan pemerintah China yang mulai membatasi impor batubara. Hal itu dilakukan untuk memaksimalkan produksi batubara di dalam negeri.

Selain China, India sebagai negara konsumsi batubara terbesar setelah China turut mengambil kebijakan untuk membatasi impor. Terlebih lagi India berencana akan menutup pembangkit listrik yang tidak memasang fasilitas pengendali polusi sulfur.

Ditambah lagi dengan batubara dari Rusia yang membanjiri pasar batubara Asia hingga membuat pasokan batubara oversupply. Demand batubara yang rendah sementara pasokan yang melimpah menjadi salah satu penyebab harga batubara yang sulit untuk menguat.

Sementara untuk tahun 2020, Dendi Ramdani Ekonom Bank Mandiri memproyeksikan bahwa batubara apada tahun 2020 akan berkisar pada level US$ 70/ton, namun secara rata-rata tahunan akan menurun.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Wasis

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !