Detail Berita


Dibayangi Oversupply, Semen Baturaja Siapkan Produk Hilirisasi


"Ilustrasi Gedung Semen Baturaja (SMBR)"
Sumber gambar: wartaekonomi.co.id


Tanggal terbit: 03-01-2020

duniatambang.co.id - PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) sebagai emiten pelat merah sudah menyiapkan berbagai strategi untuk menghadapi pasar semen pada 2020 ini. Seperti yang diberitakan sebelumnya, SMBR pada 2020 ini akan menggelontorkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 150 miliar. Belanja modal ini akan digunakan untuk berbagai fokus bisnis SMBR tahun ini.

Di sepanjang 2019 lalu, industri semen nampaknya memang kurang sehat dan cenderung lesu yang mengakibatkan sejumlah pemain industri semen sempat terguncang. Pada 2020 ini pun, industri semen masih dibayangi oleh kondisi oversupply. Bagaimana tidak katalis positif untuk mendongkrak permintaan semen dan membuat industri semen stabil nampaknya belum terlihat.

Baca juga: Semen Baturaja: 2020 Proyek Infrastruktur Akan Buat Industri Semen Bergairah

Dibayangi kondisi oversupply tersebut, SMBR siapkan strategi salah satunya dengan ekspansi bisnis ke sektor hilirisasi. Hilirisasi tersebut dengan mempersiapkan produk turunan semen yaitu mortar dan bata ringan. Proyek hilirisasi produk turunan semen ini sebenarnya sudah mulai digarap SMBR sejak 2019 lalu, bahkan SMBR sudah melakukan trial market di area Lampung mulai bulan Oktober 2019. 

Pada 2020 ini, SMBR akan terus memaksimalkan pengembangan proyek hilirisasi tersebut. Hadapi bayangan oversupply, SMBR juga berencana untuk melakukan efesiensi disemua segmen untuk menekan HPP/COGS. SMBR berharap semua target dan fokus bisnis yang telah direncanakan dapat berjalan sebagaimana mestinya sehingga kinerja perseroan dapat cemerlang.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !