Detail Berita


Ini Dia Kendaraan Listrik Terbesar di Dunia


"Dumptruck "eDumper""
Sumber gambar: eMining AG


Tanggal terbit: 03-01-2020

duniatambang.co.id - Semakin masifnya perkembangan teknologi listrik yang ada di dunia. Industri pertambangan juga memulai penggunaan baterai pada alat berat. Sebuah penelitian dari salah satu perusahaan bernama Kuhn Schewiz AG bersama Universitas Teknologi Interstate di Swizerland.

Kendaraan listrik terbesar di dunia ini merupakan sebuah dump truck dengan berat 45 Ton dan mampu membawa 65 ton material dengan Panjang sekitar 9 meter dan tinggi serta lebar 4.4 meter. Dump trcuk ini merupakan Model dari Komatsu HB 605-7 yang digunakan untuk percobaan. Dumptruck yang digunakan untuk mengangkut material limestone di pegunungan swizz. Material ini digunakan untuk pabrik semen.

Baca juga: 5 Merek Alat Berat Laku Keras di Indonesia, Siapa Saja Mereka?

Dump truck yang diberi cat hijau ini digadang-gadang menjadi Dump truck listrik terbesar yang diberi nama “eDumper”. Sistem kerja dari dump truck listrik ini adalah dengan memanfaatkan energi yang terbentuk dari energi yang dikeluarkan pada saat membawa material turun menuju pabrik semen. Penurunan ini akan mengisi daya pada baterai yang sudah terpasang dan akan digunakan pada saat kembali kef front kerja.

Baterai yang digunakan mampu menampung daya sebesar 600 kwh. Dengan penampungan sebesar ini dapat mengisi daya 6 buah mobil Tesla type S.

Mengangkut material 20 kali per hari dari front kerja kea rah pabrik semen mampu menghasilkan energi sebesar 200 kwh atau sebesar 77 mega watt per tahun. Dump truck yang sama dapat menggunakan sekitar 40.000 liter solar sampai dengan 80.000 liter solar per tahun. Dengan demikian dapat dihitung banyak fuel yang dapat dihemat per tahun.

 

Penulis : Ocky PR.

Editor   : Hazred Umar Fathan

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !