Detail Berita


United Tractors Optimalkan Produksi Saat Cuaca Kering


"Ilustrasi PT United Tractors Tbk"
Sumber gambar: rmco.co.id


Tanggal terbit: 02-01-2020

duniatambang.co.id - Indonesia saat ini memang sedang memasuki musim penghujan. Seperti yang diketahui, ketika musim hujan melanda kegiatan opersional tambang dapat sedikit terganggu karena pengaruh cuaca.

PT United Tractors Tbk (UNTR) sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bisnis tambang batubara juga terkena dampak dari musim hujan. UNTR menjalankan bisnis pertambangan dan kontraktor tambang batubara melalui anak usahanya PT Tuah Turangga Agung dan PT Pamapersada Nusantara.

Sekretaris Perusahaan United Tractors Sara K. Loebis tidak menapik bahwa hujan menjadi salah satu hambatan bagi UNTR, bahkan ketika intensitas hujan tinggi, UNTR berencana untuk menghentikan produksi batubara lantaran kondisi jalan licin dan area tambang rawan banjir atau longsor. Untuk menghadapi kemungkinan tersebut UNTR akan mengoptimalkan produksi pada saat cuaca mendukung yaitu kering atau musim panas.

UNTR setiap tahun sebenarnya sudah menggelontorkan dana capital expenditure (capex) rutin untuk kegiatan pemeliharan infrastruktur seperti untuk kebutuhan jalan tambang. Jalan khusus tambang atau jalur hauling milik UNTR sudah menggunakan konsep all weather road. Dengan menggunakan konsep tersebut, jalan tambang dapat digunakan untuk segala jenis cuaca.

Namun, UNTR mengatakan bahwa ketika cuaca ekstrim atau intensitas hujan tinggi, produksi batubara UNTR biasanya berhenti. UNTR sendiri memang sudah memiliki perhitungan sendiri dengan mempertimbangkan perkiraan musim hujan sehingga UNTR memastikan bahwa target produksi tetap dapat tercapai meskipun aktivitas produksi di stop sementara saat hujan.

UNTR akan mengejar ketertinggalan dengan memaksimalkan kegiatan produksi saat cuaca kering. Belum dapat diketahui berapa target produksi yang dibidik UNTR pada 2020 ini.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !