Detail Berita


Musim Hujan Melanda, Sejumlah Emiten Siapkan Strategi Antisipasi


"Aktivitas tambang emas"
Sumber gambar: suarakalbar.co.id


Tanggal terbit: 02-01-2020

duniatambang.co.id - Awal tahun 2020 disambut dengan musim hujan, sejumlah emiten yang bergerak dalam tambang batubara menyiapkan strategi antisipasi untuk mengatasi dampak musim hujan agar tidak mempengaruhi kegiatan operasional produksi tambang secara signifikan.

PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Adaro Energy Tbk (ADRO), dan PT ABM Investama Tbk (ABMM) berharap kegiatan operasional produksi akan berjalan sebagaimana mestinya meskipun cuaca kurang mendukung.

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) pada tahun 2020 ini membidik target produksi batubara sebesar 30 juta ton. Untuk menghadapi musim hujan ini, PTBA memastikan ketersediaan pompa cukup, peningkatan pemeliharaan jalan tambang dan mengoptimalkan sistem pengangkutan menggunakan conveyor untuk kegiatan coal handling.

Tidak jauh berbeda dengan PTBA, PT Adaro Energy Tbk (ADRO) juga menyiapkan sejumlah strategi untuk hadapi musim hujan agar tidak mengganggu aktivitas produksi seperti pemeliharan drainase di sekitar area tambang, ketersediaan pompa dan pemeliharaan jalan tambang.

Begitupula dengan ABMM, pada tahun 2020 ini ABMM membidik target produksi sebesar 15 juta ton. Sebagai informasi, kegiatan operasional produksi di tambang milik ABMM dalam sehari yaitu selama 24 jam. Untuk itu agar kegiatan tersebut tetap berjalan sebagaimana mestinya ditengah musim hujan, ABMM menyiapkan sejumlah antisipasi seperti menyediakan banyak pompa air di wilayah operasional tambang.

Selain itu, saat musim hujan ABMM juga akan meningkatkan pemeliharan stockpile atau tempat penampungan batubara. ABMM juga akan memperhatikan pemeliharaan jalan tambang dan akan menambah pelapisan jalan tambang untuk meminimalisasi dampak hujan.

Ketiga emiten tersebut PT Bukit Asam Tbk, PT Adaro Energy Tbk, dan PT ABM Investama Tbk juga akan fokus untuk meningkatkan standar keselamatan kerja pekerjanya mengingat potensi kecelakaan dapat pula meningkat ketika hujan apalagi jika intensitas hujan tinggi. Sejumlah emiten tersebut berharap target produksi dapat tercapai pada tahun ini dan pasar batubara dapat kembali stabil.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !