Detail Berita


Mau Kaya? Investasi Emas Aja Yuk!


"physical gold bullion ingots, golden bars over black background with room for text"
Sumber gambar: shutterstock.com


Tanggal terbit: 31-12-2019

duniatambang.co.id - Emas bukan hanya untuk menunjukkan kelas sosial, tetapi juga menjadi pilihan yang tepat untuk menyimpan uang agar bermanfaat di kemudian hari. Kerap kali emas dijadikan sebagai barang investasi karena cenderung menguntungkan.

Sobat sendiri memilih untuk berinventasi apa nih? Saham, properti atau emas mungkin?

Buat Sobat yang sedang berpikir untuk melakukan investasi emas, yuk perhatikan hal-hal berikut ini sebelum investasi emas!

1. Dapat dimulai dengan modal kecil

Berinvestasi emas dapat dimulai dari modal yang cukup kecil. Sobat dapat membeli emas dengan berat 1 gram pada bulan pertama dengan menyisihkan uang Rp200 ribu per pekan.

2. Harga naik, keuntugan akan semakin besar

Harga emas memang cukup fluktuatif setiap harinya, namun diperkirakan akan meningkat dalam jangka panjang. Jika diperhatikan, harga emas relatif naik setiap tahunnya. Jangan khawatir, meski harga emas turun, namun jumlah harta yang dikumpulkan dalam bentuk emas tidak terpengaruh akibat fluktuasi emas.

3. Lebih mudah ditukar menjadi uang

Tidak seperti investasi yang lain, emas menjadi investasi yang menarik karena mudah ditukarkan. Emas dalam bentuk batangan, perhiasan, koin atau apapun bentuknya cukup mudah untuk digadaikan ketika Sobat membutuhkan uang mendesak.

4. Melindungi Harta

Di tengah pergerakan ekonomi yang jatuh bangun, harta Sobat yang telah menjadi emas tidak akan berubah nilainya. Inilah alasan emas menjadi solusi banyak orang untuk melindungi harta mereka dari cengkraman ekonomi yang tidak stabil.

5. Pantau dan cek harga emas secara berkala

Investasi emas memang menggiurkan, namun Sobat harus sabar dan jangan bernafsu langsung untuk membeli emas karena bisa berpotensi merugikan jika tidak jeli. Sebelum memutuskan untuk membeli emas, pantau terlebih dahulu harga emas pada hari itu. Saat ini mudah sekali mencari informasi tentang harga emas karena banyak situs yang menampilkannya. Belilah harga emas saat harga di pasaran sedang turun, karena di masa depan besar kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan.

Baca juga: Kilau Emas Masih Stagnan Jelang Tutup Tahun

6. Membeli di tempat yang terpercaya

Sebelum memutuskan untuk membeli emas, Sobat harus memastikan toko yang dituju adalah toko yang tepat dan terpercaya. Sama dengan investasi lain, saat ini banyak penipuan yang menyerang pembeli emas.

7. Konsisten dalam menabung

Investasi dalam bentuk apa pun, konsisten dan komitmen adalah kunci investasi agar sesuai target. Selain itu, jangan mudah tergiur untuk cepat menjual saldo titipan atau emas yang telah dibeli. Waktu yang baik untuk menjual emas kembali adalah saat harga emas meningkat.

Saat ini berinvestasi bukan lagi menjadi kebutuhan sekunder, melainkan wajib dilakukan sedini mungkin untuk mempersiapkan kebutuhan di masa depan.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !