Detail Berita


2024, Produk Gasifikasi PTBA-Pertamina Baru Bisa Dinikmati


"Pembakaran Batubara"
Sumber gambar: shutterstock.com


Tanggal terbit: 31-12-2019

duniatambang.co.id - PT Bukit Asam Tbk berkolaborasi dengan PT Pertamina (Persero) menggarap proyek gasifikasi batubara. Proyek gasifikasi ini nantinya akan menghasilkan produk berupa dimethyl ether (DME) yang dapat menjadi subtitusi liquified petroleum gas (LPG). Proses studi kelayakan terkait proyek tersebut sudah rampung pada November 2019 lalu. Berdasarkan hasil studi kelayakan tersebut, proyek ini dipastikan akan dibangun di Tanjung Enim, Sumatera Selatan.

Tanjung Enim menjadi lokasi yang dinilai layak untuk pembangunan proyek gasifikasi dikarenakan lebih efisien dengan dukungan infrastruktur, bahan baku dan fasilitas yang sudah ada di Tanjung Enim. Sedangkan untuk wilayah Penarap, PTBA akhirnya memutuskan untuk meneruskan proses pembangunan PLTU 1 Riau.

Baca juga: PTBA-Pertamina, Secercah Harapan Gasifikasi Batubara  

PT Bukit Asam Tbk-PT Pertamina (Persero) memproyeksikan proyek ini akan selesai dan dapat beroperasi optimal pada 2024 mendatang. Meskipun demikian, hingga saat ini kedua emiten pelat merah tersebut akan terus berkomitmen mengupayakan percepatan pembangunan proyek gasifikasi tersebut. Saat ini, proyek gasifikasi tersebut sudah memasuki tahap Front End Engineering Design (FEED) persiapan untuk Engineering Procurement Construction (EPC).

Sebagai informasi, gasifikasi batubara dapat dipahami sebagai proses konversi batubara ke dalam bentuk synthetic natural gas (syngas) yang dapat diproses lebih lanjut menjadi tiga senyawa dengan fungsi yang berbeda, yaitu dymethic ether (DME), urea, dan polypropylene. Proses gasifikasi batubara ini dapat memberi nilai tambah terhadap batubara.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Hazred Umar Fathan

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !