Loading...
image

"dump truck work at site"
Sumber gambar: shutterstock.com

Dunia Tambang / 30 December 2019 / 0 Komentar

batubara DMO 

Tidak Ikuti DMO Batubara, Perusahaan Bakal Kena Denda

duniatambang.co.id – Pemerintah melalui Kementerian ESDM menetapkan harga DMO batubara tahun 2020 pada level US$ 70 per metrik ton. Harga DMO batubara ini sama dengan tahun 2019.

Untuk lebih memperkuat kepastian DMO batubara, Menteri ESDM Arifin Tasrif menyiapkan regulasi yang akan berupa Peraturan Menteri (Permen) yang bertujuan untuk menjaga tarif listrik. Selain DMO batubara, pemerintah juga akan mengkaji DMO untuk gas.

Baca juga: Siap-Siap Permen DMO Batubara Segera Terbit

Pemerintah mewajibkan perusahaan untuk mematuhi aturan DMO batubara. Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono mengatakan ada beberapa opsi yang diberikan kepada perusahaan yang tidak mematuhi aturan tersebut.

Adapun beberapa opsi masih dievaluasi, di antaranya denda dan transfer kuota. Pemerintah juga mempertimbangkan untuk mengurangi kuota produksi bagi pengusaha yang tidak mau memenuhi aturan DMO.

Sebelumnya, alokasi DMO dan harga batubara untuk kebutuhan listrik tertuang dalam dalam Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM Nomor 1395K/30/MEM/2018 tentang harga jual batubara untuk penyediaan tenaga listrik untuk kepentingan umum. Dalam Kepmen tersebut dijelaskan harga batubara untuk DMO senilai US$ 70 per metrik ton.

Sementara untuk target produksi nasional tahun 2020 masih akan dibahas dalam Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) yang diperkirakan sekitar 530 juta ton.

Janson Nasrial Senior VP Royal Investium Sekuritas memaparkan bahwa harga batubara yang jatuh bangun sepanjang tahun 2019 membuat laporan keuangan emiten batubara rontok. Menurutnya, harga batubara pada tahun 2020 masih mengikuti pergerakan harga minyak dunia yang diproyeksikan akan mengalami kenaikan semester I-2020 yang berdampak pada katalis positif untuk kinerja perusahaan batubara.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Wasis

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar