Detail Berita


MIND ID: Hilirisasi dan Divestasi Vale Menjadi Fokus 2020 Mendatang


"dump truck work at site"
Sumber gambar: shutterstock.com


Tanggal terbit: 30-12-2019

duniatambang.co.id - Tutup tahun 2019 hanya tinggal hitungan hari saja. Sejumlah emiten sudah mulai memetakan berbagai target dan fokus bisnis pada 2020 mendatang. Tidak terkecuali bagi holding industry pertambangan yaitu Mining Industry Indonesia (MIND ID).

Seperti yang diketahui, menjelang tutup tahun 2019 ini terdapat penyegaran pada formasi pimpinan MIND ID yaitu pada kursi komisaris utama yang kini diisi oleh Agus Tjahajana Wirakusumah dan kursi direktur transformasi bisnis yang kini diduduki oleh Suryo Eko Hadianto.

Pada 2020 mendatang, MIND ID sudah memetakan berbagai target dan fokus bisnis. Salah satu fokus bisnis yang akan digarap adalah penyelesaian sejumlah proyek hilirisasi baik itu smelter maupun gasifikasi. Selain itu, MIND ID juga akan fokus untuk menyelesaikan proses divestasi saham Vale. Selain hilirisasi dan penyelesaian divestasi saham Vale, MIND ID pada 2020 mendatang mengaku belum memiliki rencana untuk ekspansi bisnis di sektor lainnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pada 2020 mendatang MIND ID sudah menyiapkan belanja modal atau capital expenditure lebih dari Rp 20 triliun. Capex ini nantinya diproyeksikan berasal dari kas internal anak usaha MIND ID ataupun berasal dari pendanaan eksternal.

Baca juga: Siap Memaksimalkan Hilirisasi, MIND ID Siapkan Belanja Modal Rp. 20 Triliun di tahun 2020

Capex ini nantinya akan digunakan untuk merealisasikan sejumlah rencana bisnis penyelesaian proyek hilirisasi yang sedang digarap oleh anak usahanya seperti PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang saat ini sedang menggarap smelter nikel dan smelter grade alumina refinery (SGAR), PT Freeport Indonesia yang saat ini sedang menggarap proyek smelter tembaga, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) yang sedang fokus menggarap proyek gasifikasi. Selain itu dana Capex tersebut juga salah satunya akan dialokasikan untuk penyelesaian divestasi saham vale.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !