Detail Berita


Capaian Reklamasi Pertambangan Meningkat 37% di Akhir Tahun


"Ilustrasi Proses Reklamasi Tambang"
Sumber gambar: http://mc.kalselprov.go.id/


Tanggal terbit: 28-12-2019

Duniatambang.co.id - Hingga dipenghujung bulan November 2019, informasi yang diperoleh dari portal modi.minerba.go.id, target rencana reklamasi tambang tidak mencapai 60% dari rencana yang ditetapkan. Data yang dihimpun per tanggal 30 November 2019 menunjukkan capaian reklamasi baru mencapai 59.41% dengan total area yaitu 4,178.18 ha, dimana target tahunan yang ingin dicapai yaitu 7,000 ha. Rata-rata capaian untuk pengembalian lahan reklamasi hanya diangka 400 an ha setiap bulannya. Dalam kurun lima tahun terakhir yaitu pada 2014 - 2018, capaian reklamasi pertambangan umumnya berada pada rentang 6,596 – 6,950 ha.

Kemudian, pada penghujung tahun telah terjadi perubahan angka capaian reklamasi secara signifikan yang naik secara drastis sebesar 37% dari persentase 11 bulan sebelumnya. Luas area yang telah dilakukan pengembalian fungsi yaitu 6,748 ha. Perubahan angka yang terjadi secara tiba-tiba kemungkinan besar terjadi akibat perusahaan tambang baru melaporkan capaian reklamasi dari masing-masing lokasi. Biasanya, informasi tentang keberhasilan melakukan reklamasi tertuang didalam Laporan Rencana Kegiatan Anggaran Biaya (RKAB).

Capaian Reklamasi Perusahaan Tambang Tahun 2019 (Sumber: Dok. Minerba)

Tim riset Dunia Tambang mencoba untuk mengumpulkan beberapa permasalahan yang menyebabkan lambatnya pengembalian lahan pascatambang. Sebenarnya, pemerintah melalui Kementerian ESDM telah mengeluarkan tentang kebijakan dalam melakukan tahapan reklamasi pasca tambang yang termuat didalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 07 Tahun 2014 Tentang Pelaksanaan Reklamasi dan Pascatambang Pada Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

Ditambah lagi setiap perusahaan sebelum melakukan penambangan wajib menyetor jaminan reklamasi kepada negara, dimana jika telah dilakukan pengembalian fungsi lahan sesuai dengan yang telah ditetapkan baru bisa dilakukan pengembalian jaminan, itu yang tertuang dalam Pasal 53 ayat (2) huruf c.

Penulis: Hared Umar Fathan
Editor: Wasis
Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !