Detail Berita


Kuota Batubara PLN 2020 Meningkat Jadi 106 Juta Ton


"Coal"
Sumber gambar: shutterstock.com


Tanggal terbit: 26-12-2019

duniatambang.co.id - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus mengupayakan pemenuhan kebutuhan energi listrik di Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut, beberapa pembangkit listrik baru sudah mulai dioperasikan.

Berbanding lurus dengan penambahan pembangkit listrik baru, kebutuhan akan batubara sebagai bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) juga akan meningkat. Kebutuhan batubara untuk PLTU pada 2020 mendatang meningkat 10,41%.

PLN memproyeksikan kebutuhan batubara untuk pembakit listrik sebesar 106 juta metrik ton (MT) pada 2020 mendatang. PLN pun mengklaim besaran jumlah kebutuhan batubara ini masih sesuai dengan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PLN 2019-2028. PLN pun mengatakan bahwa pengadaan batubara untuk sektor kelistrikan sudah ada kontraknya sehingga PLN optimis pasokan batubara 2020 mendatang aman dan tercukupi.

Baca juga: Smelter Menjamur, PLN Siap Pasok Listrik

Sebagai tambahan infromasi pada tahun 2019 ini, pasokan batubara untuk kelistrikan ditargetkan sebesar 96 juta MT batubara. Hingga November 2019 lalu, realisasi pengunaan batubara pada sektor kelistrikan sebesar 89,72 Juta MT atau 93,45% dari target.

Pasokan batubara untuk kelistrikan sebagian besar memang dipasok oleh perusahaan yang dikontrak untuk memasok batubara. Pemerintah juga menjamin pemenuhan pasokan batubara kelistrikan dengan adanya kewajiban Domestic Market Obligation (DMO) bagi perusahaan batubara. Pada 2020 mendatang pun, kuota DMO akan ditingkatkan menjadi 155 juta ton.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !