Detail Berita


Begini Rencana Bisnis Batubara PTBA Tahun Depan


"Aktivitas Tambang Batubara di PT Bukit Asam Tbk"
Sumber gambar: ptba.co.id


Tanggal terbit: 26-12-2019

duniatambang.co.id - PT Bukit Asam Tbk merupakan emiten pelat merah yang bergerak dalam bisnis tambang batubara. Menjelang tutup tahun, PTBA pun sudah menyiapkan sejumlah target untuk menyongsong tahun 2020 mendatang. Pada tahun depan, PTBA membidik target produksi lebih tinggi yaitu sebesar 30 juta ton sedangkan pada tahun 2019 ini target produksi PTBA sebesar 28,5 juta ton.

Sebagai tambahan informasi, hingga kuartal III 2019 lalu PTBA sudah memproduksi batubara sebesar 21,6 juta ton. Dimana batubara yang diproduksi didominasi oleh batubara kalori rendah hingga menengah. Hanya sekitar 3 juta ton batubara yang diproduksi PTBA memiliki kalori yang tinggi.

Pada tahun 2020 mendatang, PTBA akan fokus memproduksi kalori tinggi yang berkisar 6.100 kcal/kg sampai 6.700 kcal/kg. Hal ini dilakukan sejalan dengan adanya kontrak kerjasama yang baru PTBA dapatkan yaitu kontrak kerjasama dengan perusahaan petrokimia asal Taiwan, Formosa Plastics Group. Dimana nantinya PTBA akan menjadi pemasok batubara berkalori tinggi ke FPG.

Selain rencana produksi, PTBA juga pada 2020 mendatang membidik market penjualan batubara yang awalnya melalui trader, kini PTBA mulai akan fokus membidik penjualan batubara ke konsumen secara langsung (end user). Penjualan PTBA sendiri selain untuk domestik atau pemenuhan domestic market obligation (DMO), PTBA juga melakukan aktivitas ekspor.

Dalam kegiatan ekspor tersebut PTBA membidik penjualan langsung ke end user seperti penjualan batubara ke perusahaan listrik sejenis PLN di Malaysia. Hal ini dilakukan PTBA dikarenakan penjualan langsung ke end user memiliki harga yang lebih menarik dibandingkan trader. Selain itu, hal ini juga merupakan dampak secara tidak langsung dari kebijakan pemerintah yang mewajibkan ekspor batubara harus menggunakan kapal berbendera Indonesia. 

Pada 2020 mendatang, PTBA juga akan fokus menggarap proyek gasifikasi dan penyelesaian sejumlah proyek PLTU. PTBA berharap semua rencana bisnis perseroan dapat berjalan lancar pada 2020 mendatang.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !