Detail Berita


Arti Karat pada Emas Sama dengan Korosi?


"Gold jewerly on black backboard"
Sumber gambar: shutterstock.com


Tanggal terbit: 25-12-2019

duniatambang.co.id – Setiap kali mendengar kata emas, tak lepas dari kata karat. Ternyata masih banyak yang belum mengetahui arti karat dalam emas. Apakah karat dalam emas sama artinya dengan korosi?

Karat menjadi salah satu hal yang penting untuk diketahui sebelum Sobat memutuskan untuk membeli emas. Di toko emas banyak macam-macam karat penjualan emas ada yang 15, 17, 18, hingga 24 karat.

Karat adalah sistem pengukuran untuk menentukan tingkat kemurnian emas yang diukur berdasarkan jumlah persentase emas murni yang terkandung dalam suatu logam. Emas murni adalah logam yang unik dan memiliki kilau yang menarik.

Baca jugaWanita Wajib Tahu! 6 Logam Ini Bisa Gantikan Emas untuk Perhiasan Loh

Logam emas memiliki kadar kemurnian yang semakin tinggi akan semakin lunak logamnya sehingga menyebabkan emas murni cukup sulit untuk dijadikan perhiasan. Oleh karena itu, emas harus dicampur dengan logam lain seperti perak, tembaga dan logam lainnya sehingga memiliki kemampuan bertahan lama dalam kehidupan sehari-hari.

Selain karat, patokan dalam membeli emas adalah kadar. kadar dalam emas adalah tingkat keaslian emas atau jumlah kandungan kemurnian emas. Misalnya, kadar 75% artinya 75% kandungan logam mulia terdapat di dalamnya, sementara 25% lagi adalah campuran logam lain.

Emas yang bagus dijadikan perhiasan adalah emas 17 sampai 18 karat. Untuk kadar emas 24 karat biasanya dibuat untuk emas batangan. Kadar 24 karat dinyatakan sebagai emas murni. Jadi, emas kadar 23 karat berarti tingkat kemurniannya adalah 23/24 x 100% atau sekitar 95,8%.

Dan tak jarang juga loh penjual melakukan penipuan akibat pembeli yang kurang cermat dalam mengetahui kadar dan karat dalam emas. Sobat tidak ingin ditipu? Jangan ragu untuk menanyakan berapa kadar emas dalam persentase (%) karena kadar emas menjadi patokan harga dan nilai emas dalam perhiasan.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Wasis

 

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !