Loading...
image

"Gedung PT Semen Baturaja (SMBR)"
Sumber gambar: wartaekonomi.co.id

Dunia Tambang / 25 December 2019 / 0 Komentar

Semen Baturaja 

Semen Baturaja: 2020 Proyek Infrastruktur Akan Buat Industri Semen Bergairah

duniatambang.co.id - Menyongsong 2020 PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) optimis penjualan semen dapat kembali bergairah. Sebagai informasi, pada tahun 2019 ini SMBR membidik target penjualan semen sebesar 2,1 juta ton. Hingga kuartal III 2019, SMBR sudah merealisasikan penjualan semen sebesar 1,51 juta ton atau secara persentase realisasi penjualan semen hingga kuartal III 2019 sudah mencapai 72%.

Baca juga: Wah, Belanja Modal Semen Baturaja 2020 Bikin Pangling

Target penjualan semen pada tahun ini memang lebih rendah dibandingkan dengan target penjualan pada tahun sebelumnya. Hal ini dilakukan mengingat permintaan semen memang sedang menurun terutama di daerah Sumbagsel (Sumatera Bagian Selatan) yang merupakan wilayah utama target penjualan semen milik SMBR. Secara year-on-year (yoy) permintaan semen di wilayah Sumbagsel turun sebesar 10%.

Wilayah yang menjadi pangsa pasar utama SMBR pada tahun 2020 mendatang masih berada di Sumbagsel. SMBR memang belum resmi mematok target penjualan semen untuk tahun depan. Kendati demikian, SMBR optimis dapat menjual semen lebih banyak dibandingkan dengan tahun ini.  Hal ini dikarenakan di wilayah Sumbagsel tersebut terdapat sejumlah proyek strategis terkait pembangunan infrastruktur yang diyakini akan menciptakan multiplier effect salah satunya ke industri semen.

Proyek yang dibidik untuk dapat menjadi market penjualan semen SMBR tahun depan antara lain proyek pembangunan ruas tol Kapal Betung dan proyek infrastruktur jalan tol seperti rest area. Selain itu, terdapat pula proyek lainnya seperti proyek pembangunan bendungan. SMBR berharap pembangunan proyek ini dapat menjadi katalis untuk membuat penjualan semen kembali bergairah.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar