Detail Berita


Darma Henwa Jalin Kerjasama dengan Thriveni Resomin


"Ilustrasi Persiapan Pekerjaan di Darma Henwa"
Sumber gambar: ANTARA/ liputankarir.com


Tanggal terbit: 25-12-2019

duniatambang.co.id - Darma Henwa dalam tahun-tahun mendatang akan menggarap proyek baru, lahan garapan Darma Henwa pun tidak hanya melulu di sektor batubara. Emas, dan mineral lain pun sudah mulai dilirik oleh anak perusahaan Bumi Resources tersebut.

Untuk menghadapi  tantangan bisnis ke depan, Darma Henwa menjalin kerja sama dengan Thriveni Resomin Pte. Ltd, perusahaan asal India yang sudah puluhan tahun sukses. Penandatanganan yang dilakukan di Bakrie Tower tersebut, akan difokuskan untuk bidang penyediaan alat berat, perawatan alat berat dan jasa-jasa lainnya. Bengalon, Kalimantan Timur akan dijadikan markas untuk Engineering Excellent Centre.

Dari sisi jasa konsultasi jasa pertambangan, Thriveni akan menyediakan konsultasi jasa pertambangan kepada Darma Henwa. Thriveni akan membantu dan meningkatkan efisiensi operasional, efisiensi biaya, meningkatkan volume produksi serta menerapkan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaan keuangan proyek.

Darma Henwa saat ini memang sudah mulai menggarap proyek-proyek Non batubara. Proyek senilai Rp 14,7 milyar untuk infrastruktur, penambangan dan pengolahan emas. Proyek ini dikerjakan di Arinem, Garut, Jawa Barat yang dimiliki PT. Aneka Tambang. Total volume kontrak tersebut adalah 67.000 bcm kupasan waste, dan 28.000 bcm ore. Proyek dengan recovery emas sebesar 60% ini direncanakan selesai dalam waktu 5 bulan. Kesuksesan proyek ini diharapkan menjadi pintu masuk Darma Henwa untuk menggarap proyek lain di Arinem.

Untuk tahun depan, Darma Henwa juga memproyeksikan akan ada beberapa proyek non batubara yang akan dikerjakan. Selain fokus ke penambangan, Darma Henwa juga akan fokus ke pengerjaan pre-mining dan eartworks di area penambangan Seng dan Timah di Dairi, Sumatera Utara. Road construction di tambang emas di Tombulilato, Blok Sungai Mek, Provinsi Gorontalo juga rencananya akan dikerjakan. Selain itu, pembangunan infrastruktur, drilling exploration, dan aktivitas penambangan tembaga dan emas di Palu, Sulawesi Selatan.

Dari sisi kinerja batubara sendiri sebagai bisnis utama, Darma Henwa berhasil mengupas overburden sebanyak 82,70 juta bcm hingga kuartal ketiga. Sementara untuk coal delivery, Darma Henwa berhasil meraih angka 11,44 juta ton di kuartal ketiga ini. Untuk pengerjaan tambang sendiri, Darma Henwa saat ini mengerjakan di tiga lokasi, yaitu di Bengalon milik PT. Kaltim Prima Coal, di Asam-asam milik PT. Arutmin Indonesia, dan di Satui milik PT. Cakrawala Langis Sejahtera.

Hingga saat ini, 97% pendapatan Darma Henwa diperoleh dari bisnis jasa penambangan batubara. Dengan membidik proyek-proyek baru non batubara di tahun-tahun mendatang, dan jalinan kerja sama dengan Thriveni Resomin Pte. Ltd, diharapkan menjadi langkah awal dalam beberapa tahun ekspansi perusahaan milik Bumi Resources tersebut.
 

Penulis: Suwanjaya
Editor: Hazred Umar Fathan
Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !