Detail Berita


Indo Tambangraya Megah: Berharap Harga Batubara Melonjak 2020


"Aktivitas Tambang Batubara di PT Indo Tambangraya Megah"
Sumber gambar: itmg.co.id


Tanggal terbit: 23-12-2019

duniatambang.co.id - PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) merupakan salah satu pemain dalam industri batubara. Ketika pasar batubara loyoh seperti sekarang ini, kinerja ITMG pun ikut terkena dampaknya.

ITMG pada kuartal III 2019 lalu mampu membukukan pendapatan US$ 1,30 miliar. ITMG juga masih dapat membukukan laba bersih sebesar US$ 101,21 juta, angka tersebut memang menunjukkan penurunan laba bersih sebesar 49,23% (yoy) dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Menyongsong 2020 mendatang, ITMG masih menggantungkan harapan agar harga batubara kembali stabil dan pasar batubara kembali bergairah. ITMG berharap ketika perang dagang AS-China telah usai, perekonomian kembali stabil dan batubara dapat kembali meroket.

Selain itu, ITMG juga berharap kuota impor batubara China dapat kembali meningkat karena tidak dapat dipungkiri China merupakan salah satu importir batubara terbesar dunia.

ITMG pun tak menapik jika kinerja pada 2020 mendatang masih sangat ditentukan oleh harga batubara. Jika pasar batubara masih loyoh dan harga batubara tidak stabil maka efisiensi operasional dan finansial masih akan jadi opsi utama untuk menyokong kinerja perusahaan.

Selain itu, ITMG juga belum dapat memastikan apakah akan resmi mengakuisisi tambang atau tidak mengingat pasar yang belum menjanjikan. Namun, opsi akuisisi masih akan dipertimbangkan sejalan dengan visi perusahaan yaitu meningkatkan sumber daya dan jumlah cadangan batubara.

Jika nantinya akan mengakuisisi tambang, ITMG akan memprioritaskan tambang batubara yang berkalori menengah hingga kalori tinggi. Selain itu, lokasi tambang tersebut harus berada di tempat yang strategis sehingga ITMG dapat mengoptimalkan infrastuktur yang sudah ada.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !