Detail Berita


Begini Perkembangan Tambang Emas Garda Tujuh Buana (GTBO) di Afrika


"gold"
Sumber gambar: shutterstock.com


Tanggal terbit: 20-12-2019

duniatambang.co.id - PT Garda Tujuh Buana Tbk terus melakukan diversifikasi usaha dengan merambah bisnis tambang emas. Untuk tambang emas sendiri, GTBO sejak 2014 lalu sudah bekerjasama dengan Massicot Trading Ltd. Kini, GTBO masih terus mengawal proses ekplorasi pada tambang emas tersebut yang berlokasi di Sudan, Afrika Utara, tepatnya berada sekitar 284 km Timur Laut Merah.

GTBO sudah mendapatkan izin eksplorasi eksklusif untuk Blok 67 dari Geological Research Authority of Sudan. Luas area untuk lokasi ini sendiri sebesar 30.000 hektare (ha). Kegiatan eksplorasi ini dijadwalkan selesai pada 2020 mendatang. Setelah eksplorasi selesai, GTBO juga berharap proses Joint Ore Reserves Committee (JORC) juga dapat selesai.

Namun, kegiatan eksplorasi saat ini sedang mendapat sedikit hambatan terkait tensi politik di Sudan yang masih tinggi. Untuk itu, pihak GTBO menunda proses hukum pengambilalihan kepemilikan tambang. Meskipun lokasi tambang tersebut cukup jauh dari daerah yang tidak kondusif, GTBO dan Massicot juga bersiaga dengan membentuk tim untuk mengambil langkah-langkah perlindungan terhadap area tambang, baik secara fisik maupun hukum.

GTBO berharap kondisi di Sudan cepat kondusif dan tidak menghambat rencana bisnisnya kedepan. Jika semua berjalan lancar maka ketika proses eksplorasi dan JORC rampung, GTBO akan segera mengurus izin eksploitasi dan produksi. Namun untuk rencana besar ini, belum dapat diketahui besaran capital expenditure (capex) yang akan dilakukan GTBO.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !