Detail Berita


Energi dari Atap, Emang Bisa?


"Solar energy"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 19-12-2019

duniatambang.co.id - Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan memang sudah mulai dikembangkan. Salah satu pembangkit listrik energi baru terbarukan adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). PLTS sekarang ini sudah cukup banyak diminati terutama pemasangan PLTS di Atap untuk pemenuhan kebutuhan energi listrik pada kegiatan operasional kantor dan lain sebagainya. Sejumlah korporasi swasta pun sudah mulai melakukan pengembangan PLTS Atap, seperti PT Multi Bintang Indonesia Tbk dan Danone-Aqua. 

Baru-baru ini Direktur Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa meramalkan bahwa pada 2020 mendatang pengembangan dan penggunaan PLTS Atap (solar PV rooftop) akan meningkat secara signifikan. Penggunaan PLTS atap ini diperkirakan akan banyak digunakan oleh korporasi swasta untuk keperluan industri. Bahkan bukan tidak mungkin pada 2020 mendatang PLTS atap juga banyak dipasang untuk keperluan rumah tangga.

Penggunaan PLTS atap untuk keperluan komersil atau industri diperkirakan dapat mencapai 300 MW. PLTS atap ini menjadi pilihan karena memiliki berbagai kelebihan seperti mudah diaplikasikan, bisa diaplikasikan dalam skala kecil hingga skala besar, dan teknologinya mudah untuk diakses.

Selain itu, pemerintah juga mendorong pertumbuhan PLTS Atap dengan merevisi Peraturan Menteri ESDM nomor 13 tahun 2019 tentang Penggunaan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap oleh Konsumen PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

Dalam beleid tersebut, konsumen PLN seperti pengusaha, ataupun masyarakat umum dapat dilayani dengan pemasangan PLTS Atap tersambung (on-grid) ataupun off grid yang tidak dikenai biaya kapasitas. Kedepannya PLTS ini diharapkan dapat semakin eksis sehingga dapat membantu Indonesia mewujudkan bauran 23% energi pada 2025 mendatang.

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !