Detail Berita


Wanita Wajib Tahu! 6 Logam Ini Bisa Gantikan Emas untuk Perhiasan Loh


"Jewerly Set"
Sumber gambar: shutterstock.com/Fotogroove


Tanggal terbit: 18-12-2019

duniatambang.co.id – Sudah menjadi rahasia umum bahwa kebanyakan wanita mencintai perhiasan. Tak jarang, para wanita rela merogoh kocek yang dalam demi tampil menawan dan menambah kepercayaan diri.

Perhiasan terdiri dari berbagai bentuk mulai dari cincin, kalung, gelang, liontin dan lain-lain. Perhiasan yang paling umum diketahui adalah emas. Tapi tahukah Sobat, bahwa tak cuma emas loh mempunyai daya tarik memikat.

Yuk kita lihat 6 logam ini yang bisa menjadikan hari-harimu lebih pede!

1. Perak

Nah logam indah yang satu ini memiliki harga yang terjangkau dibandingkan dengan emas. Logam ini mempunyai ciri halus dan berkilau serta mempunyai tingkatan sesuai dengan kualitasnya. Ada perhiasan perak murni yang mengandung perak 99,9%, perak sterling yang biasanya dipadukan dengan tembaga, dan perak argentium yang memiliki sifat anti noda dan bersifat lebih kasar dari perak sterling.

2. Tembaga

Tembaga sering dijumpai pada kehidupan sehari-hari. Logam ini merupakan alternatif yang cocok sebagai pengganti emas dan perak karena harga yang sesuai dengan budget. Logam tembaga lebih mudah dibentuk karena memiliki sifat yang lebih lentur dari emas dan perak.

3. Titanium

Bagi kolektor perhiasan tentu tak asing lagi dengan nama titanium. Titanium adalah logam transisi dalam tabel periodik yang memiliki sifat ringan, kuat, berkilau dan tahan korosi. Titanium memiliki sifat tahan korosi dan rasio kekuatan terhadap densitasnya yang paling tinggi di antara semua logam lain. Perhiasan dari titanium memiliki ketahanan yang sangat baik dan mampu menyesuaikan diri dengan beberapa larutan yang dapat merusak seperti klorin dan air laut.

4. Perunggu

Perunggu sering dijadikan medali ketiga setelah emas dan perak dalam sebuah kompetesi. Perunggu mempunyai warna dan tekstur yang menarik serta bisa tahan lama loh. Model perhiasan dari perunggu banyak dan tak kalah menarik dari logam mulia. Perunggu digunakan sebagai bahan dasar pembuat gelang, anting, dan kalung. Perunggu adalah campuran tembaga dan unsur lain.

5. Palladium

Belum banyak yang tahu tentang perhiasan palladium yang sebenarnya adalah alternatif yang terbaik selain emas. Palladium mempunyai kelebihan anti pudar. Selain itu, palladium mempunyai kemampuan untuk berpadu dengan logam lain. Faktanya sekarang, popularitas Palladium untuk cincin tunangan semakin trendi. Namun sayang, keberadaan palladium yang langka membuat harganya cukup mahal.

5. Timah

Timah sering digunakan untuk membuat perhiasan cincin dan liontin. Timah memiliki kilau yang mempesona dan elegan. Timah adalah elemen ke-49 yang paling melimpah di bumi. Sifat timah tidak mudah teroksidasi dalam udara dan tahan karat menjadikan timah banyak ditemukan dalam campuran logam untuk mencegah karat.

6. Karatium

Emas dan perak sebagai perhiasan sangat familiar di telinga kita. Nah apa jadinya ya kalau emas dan perak disatukan? Karatium Adalah perpaduan emas dan perak yang dibuat untuk memenuhi permintaan industri logam agar lebih murah. Logam ini merupakan alternatif yang bagus pengganti emas karena tidak mudah luntur. Karatium diformulasikan untuk pembuatan perhiasan dan anti noda.

Setelah mengetahui 7 jenis logam berkelas yang tidak kalah dengan emas, kira-kira logam yang mana yang akan Sobat pilih?

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !