Detail Berita


Naas! Setelah Banjir, Tambang Batubara di China Dilahap Si Merah


"Explosive works on a coal mine"
Sumber gambar: shutterstock.com/Mark Agnor


Tanggal terbit: 18-12-2019

duniatambang.co.id – Berita duka kembali datang dari Negara Tirai Bambu. Pasalnya, ledakan tambang batubara di China baru-baru ini terjadi sehingga menewaskan 14 pekerja tambang. Menurut pemerintah setempat, masih ada dua orang yang terjebak di bawah tanah yang belum divakuasi.

Ledakan ini terjadi di area tambang batubara Guanglong di distrik Anlong, Provinsi Guizhou pada Selasa (17//12/2019) dini hari. Sebelum terjadi ledakan, tambang di China sempat diterpa hujan deras Provinsi Sichuan. Banjir ini mengakibatkan 347 pekerja yang sedang bekerja terjebak di bawah tanah hingga menewaskan 5 korban.

Insiden kecelakaan tambang di China bukan kali pertama yang terjadi. Sebelumnya, telah terjadi ledakan di area tambang Provinsi Shanxi yang memakan 15 korban jiwa. Setelah diselidiki, ledakan di Shanxi terjadi akibat aktivitas penambangan yang melanggar hukum.

Baca juga: Ledakan Tambang Batubara di Cina Tewaskan 15 Korban

Kasus lain, pada Oktober lalu dua orang tewas dalam ledakan tambang di Provinsi China Timur. Catatan keselamatan yang buruk serta tingginya tingkat kecelakaan tambang di China membuat pemerintah harus bertindak tegas.

Pemerintah China akan menindak tegas kasus-kasus keselamatan dalam kegiatan pertambangan untuk meningkatkan keselamatan di tempat kerja.

Baca juga: Juru Ledak Jadi Kunci Kegiatan Peledakan Zero Accident

Sebagai informasi, China termasuk konsumen batubara terbesar di dunia. Kebijakan pemerintah China terkait batubara memberikan pengaruh besar terhadap harga batubara Indonesia sebagai salah satu negara pemasok batubara di China.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Wasis

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !