Loading...
image

"PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk"
Sumber gambar: www.indocement.co.id

Dunia Tambang / 18 December 2019 / 0 Komentar

Semen Indocement 

Indocement Terus Bidik Pertumbuhan Penjualan pada 2020

duniatambang.co.id - PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) merupakan salah satu pemain industri semen. Di tengah industri semen yang lesu, INTP masih menunjukkan kinerja yang cukup positif. Sebagai informasi, pendapatan INTP naik tipis 5,33% per September 2019 menjadi Rp 11,34 triliun dari periode yang sama tahun 2018 sebesar Rp 10,77 triliun.

Hingga tutup tahun 2019 ini, INTP memproyeksikan penjualan semen mencapai 18 juta ton dari total kapasitas produksi sebanyak 24,5 juta ton. Pada 2020 mendatang, INTP membidik penjualan semen dapat tumbuh 3%-4% dibanding realisasi tahun ini. INTP berharap pembangunan infrastruktur di Indonesia yang sedang digarap pemerintah maupun swasta dapat menciptakan multiplier effect yang membuat pasar semen kembali bergairah.

Baca juga: Wah Penjualan Semen Mulai Naik Tipis

Meskipun membidik pertumbuhan penjualan, INTP pada tahun depan belum berniat untuk menambah kapasitas produksi mengingat saat ini penjualan INTP baru mencapai 70% dari total kapasitas produksi.

Selain itu, INTP menilai belum ada katalis positif yang pasti untuk membuat pasar semen kembali stabil dan bergairah, industri semen ke depannya masih akan dibayangi kondisi oversupply. Ditambah lagi persaingan dalam industri semen baik domestik maupun semen impor akan semakin ketat.

INTP mengalokasikan belanja modal atau capital expenditure (capex) sekitar Rp 1,3 triliun pada 2020. Angka ini lebih tinggi dibandingkan pada tahun 2019 ini. INTP berharap tahun depan dapat meningkatkan kinerja perusahaan dan penjualan semen dapat kembali stabil.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Hazred Umar Fathan

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar