Detail Berita


PLTU Terbesar Di Indonesia Beroperasi


"PLTU"
Sumber gambar: listrikindonesia.com


Tanggal terbit: 18-12-2019

duniatambang.co.id - Pemenuhan kebutuhan energi listrik di Indonesia memang masih dominan menggunakan batubara sebagai bahan bakar pembangkit listrik. Indonesia kini memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) baru yang terdiri dari dua unit.

PLTU tersebut berlokasi di Desa Terate, Kecamatan Kramatwatu, Serang, Banten. PLTU ini diberi nama PLTU Jawa 7. PLTU ini digadang-gadang menjadi PLTU terbesar di Indonesia. Dari dua unit PLTU yang ada, satu unit sudah resmi beroperasi sedangkan satu unit yang lainnya akan beroperasi pada 2020 mendatang.

Baca juga: Lagi-lagi Sentimen Negatif Batubara, Korsel Tutup 10 PLTU

PLTU Jawa 7 merupakan PLTU pertama yang menggunakan teknologi boiler Ultra Super Critical (USC). Teknologi USC dipilih sebagai upaya mitigasi penurunan emisi gas rumah kaca. Selain itu, teknologi USC ini memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan PLTU non USC. Teknologi USC diproyeksikan mampu meningkatkan efisiensi pembangkit 15% lebih tinggi dibandingkan non USC sehingga teknologi ini digadang-gadang dapat mengurangi biaya bahan bakar per KwH.

PLTU ini juga diklaim lebih ramah lingkungan dikarenakan pengoperasian PLTU ini menggunakan SWFGD (Sea Water Fuel Gas Desulfurization). Dengan sistem SWFGD, penyaluran batu bara dari tongkang menggunakan coal handling plant yang memiliki panjang 4 kilometer sehingga dapat menghindari adanya batubara yang tercecer.

PLTU terbesar ini akan menyerap batubara dengan nilai kalori 4.000 hingga 4.600 kCal/kg. PLTU ini juga akan membutuhkan cukup banyak pasokan batubara. Nantinya pengoperasian PLTU yang terdiri dari dua unit ini dapat memperkuat sistem interkoneksi Jawa-Bali melalui jaringan Suralaya-Balaraja 500 kV menuju interkoneksi Jawa-Bali.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar
Komentar Berita
  1. Judulnya PLTU terbesar beroperasi tapi di berita tidak ada info berapa kapasitas terpasang PLTU nya sehingga bisa dikatakan yang terbesar di Indonesia. Ini yang nulis berita abai ama prinsip penulisan berita 5W 1H. Perlu lebih teliti lagi editor nya sebelum menaikkan berita


Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !