Detail Berita


Menjelang Tutup Tahun Sejumlah Emiten Batubara Kejar Target DMO


"a large yellow conveyor belt carrying coal and emptying onto a huge pile."
Sumber gambar: shutterstock.com/cbpix


Tanggal terbit: 17-12-2019

duniatambang.co.id - Kurang dari dua pekan lagi menjelang tutup tahun, sejumlah emiten sektor batubara terus berupaya memenuhi kewajiban pasokan batubara domestic market obligation (DMO) tahun ini. Sebagai informasi, pada tahun 2019 ini ESDM menetapkan besaran DMO pada angka 128 juta ton batubara. DMO tersebut banyak diserap oleh sektor kelistrikan, sisanya digunakan untuk berbagai industri pada sektor non-listrik.

PT ABM Investama Tbk (ABMM) sebagai salah satu emiten yang bergerak dalam bisnis batubara, mengklaim pihaknya sudah melakukan kewajiban DMO minimal 25% pada kuartal III 2019. Selain itu, ABMM sendiri memang sudah terikat kontrak dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terkait penyediaan batubara untuk keperluan pemenuhan energi listrik.

ABMM hingga tutup tahun 2019 ini menargetkan dapat memproduksi batubara hingga 11 juta ton batubara. Menanggapi besaran DMO pada 2020 mendatang yang akan meningkat menjadi 155 juta ton, ABMM optimis mampu penuhi DMO tersebut dengan terus mengupayakan pengoptimalan aktivitas produksinya.

Baca juga: ESDM Akan Naikkan Target DMO Batubara 2020 Menjadi 155 Juta Ton

Tidak jauh berbeda dengan ABMM, PT Adaro Energy Tbk (ADRO) juga mengklaim sudah memenuhi kewajiban DMO pada kuartal III 2019 lalu. pada tahun 2019 ini ADARO membidik produksi batubara sebesar 54 juta—56 juta ton. ADARO pun optimis dapat memenuhi DMO pada 2020 mendatang dengan mengoptimalkan kegiatan produksi.

Selain kedua emiten di atas, PT Resources Alam Indonesia Tbk (KKGI) juga terus mengupayakan pemenuhan kewajiban DMO batubara.  Pada tahun ini, KKGI menargetkan dapat memproduksi batubara sebesar 3,5 juta ton. Sedangkan pada 2020 mendatang, KKGI mengupayakan untuk meningkatkan target produksi menjadi 4,5 Juta ton. Sejumlah emiten tersebut berharap dengan mengoptimalkan kegiatan produksi, kewajiban DMO pun dapat terpenuhi.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !