Detail Berita


Semen Baturaja (SMBR) Fokus Optimalkan Pasar Domestik 2020 Mendatang


"Semen Baturaja"
Sumber gambar: liputan6.com


Tanggal terbit: 16-12-2019

duniatambang.co.id - Industri semen saat ini memang masih lesu dan membutuhkan katalis positif untuk membuat pasar semen kembali bergairah. Sebagai informasi di tengah komoditas semen yang lesu, PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) masih menunjukkan kinerja yang cukup baik. Pada kuartal III 2019, SMBR masih dapat membukukan kenaikan pendapatan 3,6% yoy dari sebelumnya Rp 1,37 triliun di kuartal III 2018 menjadi Rp 1,42 triliun pada kuartal III 2019 ini.

SMBR masih berencana mengoptimalkan pasar domestik pada 2020 mendatang. SMBR mengklaim pasar domestik masih menjadi pasar utama SMBR yang memberikan kontribusi pendapatan lebih besar dibandingkan pasar ekspor. Sebagai informasi, SMBR sudah mengekspor bahan baku semen atau klinker ke beberapa negara seperti Australia, Bangladesh, dan China. Namun, dari catatan laporan keuangan SMBR hingga kuartal III 2019 ini, pasar domestik masih menyumbang pendapatan tertinggi.

Penjualan SMBR didominasi di daerah Sumatera Selatan sebesar 68% dari pendapatan atau setara Rp 969,99 miliar. Kemudian, penjualan terbesar kedua SMBR yaitu pada daerah Lampung di mana penjualan ini menyumbang sebesar Rp 317,09 miliar bagi pendapatan SMBR.

Pasar SMBR memang masih didominasi pada daerah Sumatera terutama Sumatera bagian selatan. SMBR masih akan mengoptimalkan pasar pada daerah-daerah di Sumbagsel tersebut.

SMBR berencana akan menjaga keberlangsungan semen pada setiap kota atau kabupaten di Sumbagsel dengan membangun pergudangan untuk menjaga stock semen.  Selain itu, SMBR akan mengepakkan sayapnya ke berbagai daerah lainnya di Indonesia seperti Pontianak dan Banten. Untuk melancarkan rencana tersebut, SMBR akan memperluas area dermaga jetty di Palembang untuk aktivitas distribusi semen ke berbagai daerah. SMBR berharap pasar semen kembali stabil dan pada 2020 mendatang penjualan semen dapat kembali meroket.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !