Detail Berita


Freeport Fokus Garap Proyek Transisi Tambang Dan Smelter


"Open Pit Mining PT Freeport Indonesia"
Sumber gambar: shutterstock.com


Tanggal terbit: 16-12-2019

duniatambang.co.id - PT Freeport Indonesia merupakan salah satu emiten tambang raksasa yang namanya mendunia. Freeport kini tengah sibuk dengan penggarapan proyek transisi tambang dan proyek pembangunan smelter. Seperti yang diketahui, kini Freeport memang sedang memasuki masa transisi tambang dari tambang terbuka ke tambang bawah tanah.

Menurut jadwal, tambang terbuka Grasberg masih akan beroperasi hingga pertengahan tahun 2020. Setelah itu Freeport akan resmi beralih ke tambang bawah tanah. Freeport kini tengah mempersiapkan tambang bawah tanah tersebut sebelum akhirnya resmi beroperasi.

Baca juga: Transisi Tambang, Begini Kinerja Freeport

Persiapan tersebut meliputi persiapan ekonomis yang berhubungan dengan investasi hingga persiapan teknis. Estimasi investasi tambang bawah tanah ini hingga 2041 mendatang di mana masa Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) berakhir diproyeksikan mencapai US$ 15,1 miliar. Freeport juga memproyeksikan tambang bawah tanah Grasberg dapat beroperasi optimal pada tahun 2022 mendatang.

Freeport mengalami penurunan produksi sebagai dampak transisi tambang. Freeport memperkirakan produksi akan kembali stabil pada 2021. Dengan adanya tambahan tambang bawah tanah Grasberg yang baru ini, Freeport mengklaim dapat mendongkrak produksi hingga 200.000  ton bijih per hari. Selain disibukkan dengan pengembangan proyek transisi tambang, Freeport juga tengah serius menggarap proyek smelter.

Freeport harus merogoh kocek sebesar US$ 151 juta untuk proyek smelter ini. Saat ini, proyek smelter Freeport sudah memasuki tahap Front End Engineering Design (FEED) dan Ground Improvement. Freeport memproyeksikan konstruksi smelter dapat dimulai pada awal atau pertengahan 2020 nanti

Smelter ini diharapkan dapat beroperasi pada akhir 2022 mendatang. Freeport berharap baik proyek transisi tambang dan proyek smelter ini dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang direncanakan.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !