Detail Berita


PTBA-Pertamina Kolaborasi Proyek Gasifikasi Batubara


" Coal on the palm - Czech Republic"
Sumber gambar: shutterstock.com/Jaromir Chalabala


Tanggal terbit: 16-12-2019

duniatambang.co.id - PT Bukit Asam Tbk berkolaborasi dengan PT Pertamina (Persero) menggarap proyek gasifikasi batubara. PTBA-Pertamina serius menggarap proyek gasifikasi sebagai bentuk upaya hilirisasi batubara. Produk gasifikasi batubara ini nantinya akan menjadi produksi pengganti untuk mengurangi penggunaan dan impor Liquified Petroleum Gas (LPG).

Kolaborasi PTBA-Pertamina dalam proyek gasifikasi ini sedang dalam tahap perhitungan harga produk hasil gasifikasi yang nantinya akan menjadi produk dimethylether (DME). Selain mengenai harga produk gasifikasi, PTBA-Pertamina juga akan serius mengkaji dan menganalisis nilai keekonomisan proyek gasifikasi ini dari berbagai aspek pertimbangan mulai dari besaran biaya investasi hingga pertimbangan kelayakan harga batubara kalori rendah sebagai bahan baku gasifikasi.

Sebagai informasi, saat ini PTBA-Pertamina sedang menggarap sejumlah proyek gasifikasi batubara. Proyek gasifikasi tersebut berlokasi di Tanjung Enim dan Peranap. Pada proyek gasifikasi di Tanjung Enim, PTBA-Pertamina juga menggandeng PT Pupuk Indonesia dan PT Chandra Asri Petrochemical untuk memproduksi urea, DME dan polypropylene.

Proyek ini nantinya diharapkan dapat memproduksi 500.000 ton urea per tahun, 400.000 ton DME per tahun, dan 450.000 ton polipropilen per tahun. Selain itu, melalui proyek gasifikasi ini, diproyeksikan akan menyerap batubara sekitar 5,2 juta ton per tahun.

Untuk proyek gasifikasi kolaborasi PTBA-Pertamina yang berlokasi di Peranap, kedua emiten pelat merah tersebut menggandeng perusahaan asal Amerika Serikat, Air Products and Chemicals Inc. Nantinya proyek ini akan memproduksi DME dan syntheticnatural gas (SNG) dengan kapasitas produksi sebesar 400 ribu ton DME per tahun, dan 50 mmscfd SNG per tahun.

Kedua proyek gasifikasi baik yang berlokasi di Tanjung Enim maupun Peranap diproyeksikan beroperasi pada 2022. PTBA-Pertamina berharap proyek ini dapat berjalan lancar dan memiliki nilai keekonomisan yang baik sesuai dengan yang diharapkan.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !