Detail Berita


Manfaatkan Air Tambang, KPC Sediakan Air Bersih untuk 8.000 Keluarga


"water drop splash in a glass blue colored"
Sumber gambar: shutterstock.com/Miscellaneous


Tanggal terbit: 14-12-2019

duniatambang.co.id – PT Kaltim Prima Coal (KPC) merupakan salah satu anak usaha milik PT Bumi Resources Tbk (BUMI) yang termasuk produsen batubara terbesar di Indonesia. KPC terus berupaya mendorong terwujudnya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals - SDGs) di wilayah kerja KPC yaitu Sangatta, Kalimantan Timur.

Baru-baru ini KPC menyelenggarakan program Pemanfaatan Air Tambang dalam rangka mendukung penyediaan air baku untuk kebutuhan Water Treatment Plant (WTP) sebagai bentuk upaya penyediaan air bersih bagi masyarakat sekitar wilayah kerja KPC. Program ini merupakan proyek kerjasama KPC dengan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur.

Program kolaborasi ini diberi nama Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kudungga dengan kapasitas 100 liter/detik. Output akhir dari IPA ini nantinya adalah air bersih yang dapat melayani kebutuhan air bersih mencapai 8.000 Kepala Keluarga (KK) di kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan.

Pada program ini KPC bertindak sebagai kontributor penyedia air baku untuk keperluan WTP yang diambil dari areal hutan di sekitar Pit Jupiter berkapasitas 12 juta m3. Sedangkan Pemkab Kutai melalui dinas pekerjaan umum membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA). Pengoperasian IPA dilakukan oleh PDAM.

Air baku yang disediakan KPC pun tidak main-main, air baku tersebut dilakukan analisis uji kualitas air baku air minum dilakukan oleh pihak independen bersertifikat KAN dan diakui secara nasional. Dengan adanya dukungan air baku dari KPC, pelayanan PDAM Kutai Timur dalam rangka penyediaan layanan kebutuhan air meningkat hingga 80%.

KPC berharap proyek kolaborasi ini dapat menjadi model percontohan dalam rangka pemenuhan air bersih pada  masyarakat di sekitar wilayah kerja tambang.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Hazred Umar Fathan

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !