Detail Berita


Batubara Lesu, Akuisisi Tambang Masih Jadi Opsi Sejumlah Emiten


"batubara"
Sumber gambar: shutterstock.com


Tanggal terbit: 13-12-2019

duniatambang.co.id - Komoditas batubara memang masih belum stabil. Hingga kini batubara masih sangat rentan terkoreksi mengingat belum ada katalis positif yang mampu membuat batubara kembali meroket. Efisiensi masih menjadi alternatif yang dipilih sejumlah pengusaha batubara. Namun, di tengah pasar batubara yang lesu, sejumlah pemain dalam industri batubara tetap buka opsi untuk akuisisi tambang.

Akuisisi lahan tambang masih menjadi opsi yang mungkin akan diambil oleh sejumlah emiten. Sejumlah pemain industri batubara yang saat ini sedang membidik dan mengkaji kemungkinan akuisisi tambang yaitu PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT ABM Investama Tbk dan PT Samindo Resources Tbk (MYOH).

Baca juga: ESDM Akan Naikkan Target DMO Batubara 2020 Menjadi 155 Juta Ton

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) membidik potensi akan akuisisi tambang pada 2020 mendatang, saat ini PTBA masih dalam tahap mengkaji mengenai besaran biaya dan manfaat yang diperoleh perusahaan nantinya.

Selain itu, PTBA juga tak menapik harga batubara juga akan menjadi salah satu pertimbangan nantinya. Tidak jauh berbeda dengan PTBA, PT ABM Investama Tbk juga saat ini sedang mengkaji opsi akuisisi tambang. ABMM ke depannya membuka peluang akuisisi lahan tambang baik yang sudah beroperasi maupun lahan baru. Namun ABMM belum dapat memastikan lahan mana yang menjadi prioritas untuk diakuisisi.

PT Samindo Resources Tbk (MYOH) juga sedang mempertimbangkan opsi untuk melakukan akuisisi tambang batubara. Saat ini, opsi tersebut sedang dikaji oleh tim pengembangan bisnis MYOH. MYOH nantinya memprioritaskan untuk mengakuisisi wilayah tambang yang sudah beroperasi. MYOH sendiri sudah menyiapkan anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) untuk kebutuhan akuisisi tambang sekitar US$ 100 juta.

Di tengah harga batubara yang fluktuatif, peluang akuisisi masih menjadi opsi dengan berbagai pertimbangan. Nantinya akuisisi tambang ini dilakukan dengan harapan dapat memberikan profit yang dapat menyokong keberlangsungan bisnis emiten-emiten tersebut.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor    : Mayang Sari

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !