Detail Berita


Tambang Emas Poboya Segera Beroperasi, BUMI Lakukan Uji Dry Run


"gold"
Sumber gambar: shutterstock.com


Tanggal terbit: 13-12-2019

duniatambang.co.id - PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) serius terjun ke bisnis tambang emas. saat ini BUMI memiliki saham sebesar 96,97% di PT Citra Palu Minerals yang memiliki 85.180 hektar daerah konsesi tambang emas di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan. PT Bumi Resources Minerals Tbk melalui anak usahanya tersebut pada awal tahun 2020 mendatang akan segera mengoperasikan tambang emas Poboya, Palu, Sulawesi Tengah.

Tambang emas Poboya diperkirakan memiliki cadangan bijih emas sebesar 3,9 juta ton dan sumberdaya bijih emas sebesar 7,9 juta ton, dengan kualitas emas di atas 4 g/t. Tambang emas Poboya ini memiliki usia tambang sekitar 8 tahun. Pada 2020 mendatang tambang ini ditargetkan akan memproduksi 100.000 ton bijih per tahun. Sementara untuk tahun selanjutnya, produksi akan konsisten di angka 180.000 ton bijih per tahun.

Menjelang jadwal operasi tambang emas Poboya, BUMI gencar melakukan sejumlah persiapan. Melalui anak usahanya, pada pekan kedua Desember 2019 ini, BUMI telah melakukan pengujian dry run (tanpa muatan) pada setiap peralatan di fasilitas produksi bijih emas di tambang emas Poboya.

Uji dry run ini meliputi uji coba secara terpisah pada setiap peralatan sebelum seluruh sistem dan peralatan tersebut dioperasikan. Seluruh uji coba pada semua peralatan tersebut dijadwalkan dapat selesai pada pekan ketiga Desember 2019 ini. Beberapa peralatan yang sudah dilakukan pengujian dry run ini menunjukkan hasil yang positif.

Setelah pengujian dry run selesai, pada pekan keempat Desember 2019, BUMI dijadwalkan akan melanjutkan ke pengujian wet run (dengan muatan). Pengujian wet run ini meliputi uji coba setiap peralatan dengan muatan menggunakan cairan dan bijih emas. BUMI berharap semua hasil pengujian menunjukkan hasil yang positif dan semua rencana dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !