Detail Berita


Potensi Pabrik Baterai


"Battery electrical energy and power supply rechargeable battery graphic rendering"
Sumber gambar: shutterstock.com/Immersion Immagery


Tanggal terbit: 06-12-2019

duniatambang.co.id - PT Pertamina (Persero) sebagai emiten pelat merah kini mulai membidik sejumlah potensi bisnis di luar sektor migas mulai dari pembangunan pabrik baterai hingga penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT). Untuk mendukung rencana besar tersebut, Pertamina akan terus mengkaji dan mempelajari berbagai hal terkait dengan ekspansi bisnis ini.

Pembangunan pabrik baterai ini merupakan komitmen pertamina untuk mendukung kendaraan listrik (electric vehicle) di Indonesia. Dalam pembangunan pabrik baterai ini pertamina akan menggandeng Inalum sebagai supplier bahan baku baterai nantinya. Pertamina pun optimis jika ketersediaan bahan baku berbasis nikel untuk baterai di Indonesia cukup menjanjikan.

Pertamina berencana pada 2022 dapat mengembangkan baterai dengan kapasitas 500 mwh dan pada 2026 dapat mengembangkan baterai dengan kapasitas mencapai 1.300 mwh. Pertamina saat ini masih akan mempelajari kebutuhan dari produsen kendaraan listrik kenamaan, misalnya Gesits, Viar, dan Toyota.

Tidak hanya berencana mengembangkan pabrik baterai, Rencana besar pertamina lainnya yaitu terkait pengembangan sejumlah proyek EBT. Hal ini merupakan salah satu komitmen pertamina mewujudkan bauran energi. Setelah mengembangkan pembangkit listrik geothermal, pertamina berencana menggiatkan pengembangan biogas, biomassa bahkan Pertamina berencana masuk ke area pengembangan hidrogen dan nuklir.

Sebagai informasi, Pertamina telah memiliki pembangkit listrik tenaga panas bumi dengan kapasitas 700 MW. Pada 2020 mendatang, kapasitas tersebut akan ditingkatkan menjadi 755MW. Pertamina berharap ke depannya dapat terus memberikan kontribusi terbaik untuk kebutuhan energi bagi Indonesia melalui berbagai ekspansi bisnis yang akan dilakukan oleh Pertamina.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !