Detail Berita


Merdeka Copper (MDKA) Optimalkan Kegiatan Produksi


"acid leached wire gold in quartz and granite"
Sumber gambar: shutterstock.com/photominer


Tanggal terbit: 06-12-2019

duniatambang.co.id - PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) sebagai salah satu emiten ulung di bidang komoditas mineral kini tengah giat mengoptimalkan kegiatan produksi. Kegiatan ini dilakukan untuk mengejar target produksi agar tercapai dan menambah pundi-pundi bagi perusahaan.

MDKA kini tengah menggiatkan aktivitas produksi tembaga dan emas. Adapun produksi tembaga dilakukan di tambang Wetar di Pulau Wetar, Maluku, sedangkan produksi emas di tambang Tujuh Bukit di Banyuwangi.

MDKA pada tahun ini membidik produksi tembaga berkisar pada 18.000 ton hingga 20.000 ton. Realisasi produksi tembaga hingga kuartal III 2019 mencapai 13.500 ton. Maka dari itu, kini MDKA menggenjot produksi tembaga untuk mencapai target yang sudah dipatok sebelumnya.

MDKA tetap optimis target tersebut dapat tercapai hingga tutup tahun 2019 ini, MDKA optimis dikarenakan Tambang Wetar ini terdiri dari Pit Lerokis dan Pit Kali Kuning dengan cadangan bijih sebesar 3,3 juta ton dengan kadar tembaga 2,81% sebanyak 93.000 ton tembaga, MDKA berharap jika produksi terus digalakkan maka target bisa tercapai. Untuk mengembangkan tambang Wetar ini, pada tahun ini MDKA telah mengelontorkan dana sebesar US$ 40 juta. Nantinya untuk pemasaran tembaga tersebut, MDKA membidik Vietnam untuk menjalin kerjasama.

Selain tembaga, MDKA juga akan mengoptimalkan tambang emas miliknya. MDKA sempat menaikkan target produksi emas pada tahun ini dari 180.000 ons sampai 200.000 ons menjadi 200.000 ons (oz) hingga 220.000 ons. Realisasi produksi emas hingga kuartal III 2019 sudah mencapai 174.216 ons. MDKA optimis hingga tutup tahun 2019 target produksi emas akan tercapai. Tambang emas di tambang Tujuh Bukit, Banyuwangi dikelola oleh anak usaha MDKA yaitu PT Bumi Suksesindo.

MDKA terus mengupayakan berbagai hal untuk menaikkan produksi salah satunya dengan giat melakukan eksplorasi untuk menemukan cadangan emas dan tembaga yang baru. Melalui anak perusahaan MDKA, Bumi Suksesindo tengah melanjutkan proses eksplorasi sumberdaya porfiri tembaga dan emas pada upper high grade zone (UHGZ) dengan total investasi sudah mencapai Rp 400 miliar sejak kuartal I 2018.

MDKA berharap ke depannya akan ditemukan deposit-deposit emas dan tembaga yang baru sehingga kegiatan produksi dapat meningkat dan keberlangsungan tambang dapat terus berjalan.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !